• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lakukan Ini Jika Anak Malas Bangun Pagi

Lakukan Ini Jika Anak Malas Bangun Pagi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Lakukan Ini Jika Anak Malas Bangun Pagi

Halodoc, Jakarta – Membangunkan anak yang sedang tidur mungkin susah-susah gampang. Ada anak yang mudah dibangunkan, tetapi ada juga yang susah dibangunkan. Akhirnya, beberapa ibu akan bergulat dengan proses panjang untuk membangunkan anak di pagi hari, mulai dari panggilan lembut sampai sentuhan agar anak segera bangun dan beraktivitas. Lantas, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk membangunkan anak tanpa bersusah payah? Coba intip beberapa tips di bawah ini, yuk!

Perhatikan Pola Tidur Si Kecil

Untuk beberapa anak, tidur larut bisa membuatnya susah dibangunkan. Karena itu, ibu bisa memerhatikan pola tidur Si Kecil, mulai dari kapan Si Kecil tidur di siang dan malam hari, serta perhatikan apakah Si Kecil mengalami kesulitan tidur di malam harinya. Jika iya, usahakan agar Si Kecil tidak makan malam berlebihan, mengonsumsi minuman bersoda dan berkafein, atau main smartphone sebelum tidur agar mereka lebih mudah terlelap.

Atur Jam Tidur Si Kecil

Agar Si Kecil mudah dibangunkan di pagi hari, ibu bisa mengatur jam tidur Si Kecil sesuai dengan kebutuhan tidurnya. Untuk anak usia sekolah, waktu tidur idealnya adalah 8 hingga 10 jam. Jadi, misalnya ibu ingin Si Kecil bangun jam 6 pagi, maka jam tidur Si Kecil ada di antara jam 8 hingga 10 malam.

Berikan Tanggung Jawab

Untuk memudahkan ibu dalam membangunkan Si Kecil, ibu bisa membuat perjanjian berapa kali ibu akan membangunkan Si Kecil dan konsekuensi apa yang akan dihadapi Si Kecil jika tidak segera bangun, misalnya terlambat sekolah. Hal ini untuk memberikan Si Kecil tanggung jawab terhadap pola tidur mereka sendiri. Ibu juga bisa menggunakan alarm atau membuka tirai jendela kamar Si Kecil sebagai tanda bahwa waktu sudah pagi dan Si Kecil harus segera bangun.

Buat Kegiatan Seru di Pagi Hari

Agar Si Kecil semangat bangun di pagi hari, ajak Si Kecil melakukan kegiatan seru di pagi hari. Misalkan, jalan-jalan sekitar rumah, jogging, bersepeda, atau kegiatan seru lainnya.

Jadi Contoh Si Kecil

Beberapa anak akan mencontoh kebiasaan orang tuanya, termasuk kebiasaan bangun di pagi hari. Karena itu, salah satu cara agar Si Kecil terbiasa bangun di pagi hari adalah dengan memberikan contoh. Misalnya, setiap hari ibu bangun pukul lima pagi lalu segera beraktivitas agar Si Kecil dapat meniru kebiasaan baik ini.

Nah, agar aktivitas bangun di pagi hari menjadi kebiasaan baik Si Kecil, ibu bisa menerapkannya secara rutin. Jika ibu memiliki keluhan dengan pola tidur Si Kecil, jangan ragu bicara ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya kapan saja dan dimana saja.

Atau, jika ibu penasaran dengan kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, ibu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Ibu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui ibu pada waktu yang sudah ditentukan. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan ibu di Halodoc. Ibu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan ibu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.