Lakukan Persiapan Ini Sebelum USG 3D

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
lakukan-persiapan-ini-sebelum-usg-3d-halodoc

Halodoc, Jakarta – Selama masa kehamilan, ibu dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin di dokter kandungan. Untuk memantau perkembangan kondisi janin selama kehamilan, dokter biasanya akan melakukan ultrasonografi atau USG. Melalui pemeriksaan USG, beberapa hal penting mengenai bayi, mulai dari jenis kelamin, rupanya, berat badan, panjang badan, sampai adanya kelainan pada bayi bisa diketahui.

Salah satu jenis USG yang sering digunakan adalah USG tiga dimensi (3D). Ibu hamil bisa melihat kondisi bayi dengan lebih jelas lewat USG 3D ini. Tapi, sebelum menjalani USG 3D, ibu perlu melakukan sejumlah persiapan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Cari tahu persiapan apa saja yang perlu ibu lakukan sebelum melakukan USG 3D di sini.

Baca juga: Dilakukan untuk Mengetahui Kondisi Kehamilan, Ketahui Fakta Tentang USG 3D

USG kehamilan adalah pemeriksaan yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk mendapatkan gambaran dari bayi yang ada di dalam kandungan serta organ reproduksi ibu. Pemeriksaan standar untuk kehamilan adalah USG 2D. Tapi, dibandingkan USG 2D, USG 3D memungkinkan ibu untuk melihat gambaran yang lebih nyata dari janin.

Prosedur ini menghasilkan gambar yang tidak bergerak (diam), namun lebih detail, sehingga mudah dimengerti, bahkan oleh ibu dan anggota keluarga lainnya. USG 3D juga bisa melihat secara detail perkembangan organ internal janin, sehingga kelainan janin bisa dideteksi sejak dalam kandungan. Berikut manfaat lain dari USG 3D:

  • Memastikan kehamilan dan lokasi janin
  • Mendeteksi kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim)
  • Menentukan usia kehamilan dan usia janin
  • Mendeteksi jumlah janin dalam kandungan, seperti mendeteksi kehamilan kembar
  • Mengevaluasi pertumbuhan janin selama kehamilan dengan memantau pergerakan dan denyut jantungnya
  • Mengevaluasi kondisi plasenta dan cairan ketuban
  • Mengidentifikasi cacat lahir atau kelainan pada janin.

Waktu terbaik melakukan pemeriksaan USG 3D adalah saat usia kehamilan mencapai 26-30 minggu. Ini karena bila USG dilakukan sebelum kehamilan berusia 26 minggu, lapisan lemak di bawah kulit janin masih tipis, sehingga pemeriksaan USG hanya akan menampilkan tulang bayi.

Baca juga: Ibu Hamil, Pilih USG 2D atau USG 3D?

Persiapan Sebelum USG 3D

Setelah menjadwalkan pemeriksaan USG 3D dengan dokter kandungan, ibu perlu tahu bahwa ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan saat hari pemeriksaan tiba, lebih tepatnya sebelum menjalani USG 3D:

1. Jangan Lupa Makan

Ibu tidak boleh mengosongkan perut saat akan menjalani USG. Ini karena dalam keadaan perut kosong, pastinya ibu akan menjadi lemas dan Sang Buah Hati pun akan menjadi tidak aktif bergerak. Jadi, sebaiknya santaplah makanan 45 menit sebelum jam pemeriksaan USG dilakukan.

2. Minum Air Putih yang Banyak

Sebelum menjalani pemeriksaan USG di awal kehamilan, ibu juga perlu memenuhi kandung kemih agar dokter bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang janin dan organ reproduksi. Ibu dianjurkan untuk minum dua sampai tiga gelas air putih sebelum jadwal pemeriksaan dan tidak boleh buang air kecil, agar ibu bisa datang ke dokter kandungan dengan kandung kemih yang penuh.

Tapi, bila ibu merasa tidak nyaman harus menahan kencing, bisa membawa sebotol jus kesukaan dan menikmatinya saat menunggu giliran ibu. Kandungan gula alami pada jus buah dipercaya bisa membuat sang buah hati bergerak aktif dan tidak mengurangi jumlah air ketuban ibu.

3. Kenakan Baju yang Nyaman

Mengenakan baju yang nyaman juga tidak kalah penting lho, karena saat USG, bagian perut ibu akan menjadi sasaran utamanya.

Baca juga: Kapan Pemeriksaan USG 3D Perlu Dilakukan?

Itulah beberapa persiapan yang perlu ibu lakukan sebelum pemeriksaan USG 3D agar ibu bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang kondisi janin. Bila ibu ingin mengetahui lebih lanjut tentang prosedur USG 3D, tanyakan saja langsung ke ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa bertanya apa saja seputar kesehatan ke dokter Halodoc kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.