04 January 2018

Latihan Ini Bisa Bikin Tubuh Lebih Lentur

Latihan Ini Bisa Bikin Tubuh Lebih Lentur

Halodoc, Jakarta – Tubuh yang bugar bisa dilihat dari tingkat kelenturan yang dimiliki. Jika tubuhmu cukup fleksibel dan lincah, itu tandanya tubuhmu bugar. Namun, seiring bertambahnya usia, kelenturan serat-serat otot akan semakin berkurang. Jadi, jika kamu tidak mau tubuhmu kaku, lakukan latihan-latihan berikut untuk menjaga kelenturan tubuh.

Seorang direktur Sports Medicine di Medical University of South Carolina, David Geier mengungkapkan bahwa fleksibilitas adalah pilar ketiga dari kebugaran tubuh setelah latihan kardio dan latihan kekuatan otot. Dengan tubuh yang lentur, kamu dapat mencapai tingkat kebugaran tubuh yang paling optimal, memiliki refleks tubuh yang tinggi, tidak mudah cedera dan keseleo, dan mencegah penyakit arthristis serta penyakit serius lainnya. Stretching dikenal sebagai salah satu cara untuk menjaga kelenturan tubuh dan memperpanjang jangkauan tendon, yaitu serat otot yang mengaitkan otot pada tulang. Semakin panjang tendon akan semakin memudahkanmu meningkatkan ukuran otot ketika sedang melakukan latihan kekuatan. Sehingga kelenturan tubuh juga dapat berguna untuk memperkuat otot.

Stretching memang seharusnya dilakukan pada seluruh tubuh. Namun, melakukan peregangan khusus pada bagian-bagian tubuh tertentu dapat memberikan hasil yang optimal. Berikut adalah latiha yang dapat menjaga kelenturan tubuhmu:

  1. Foldover Stretch

Latihan ini bermanfaat untuk meregangkan leher, punggung, bokong, paha belakang, dan betis.

Caranya adalah:

Berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar pinggul, lutut sedikit menekuk dan kedua tangan di sisi tubuh. Buang napas ketika kamu membungkuk ke depan dari pinggul, lalu terus rendahkan kepala sampai ke lantai, sambil menjaga kepala, leher, dan bahumu tetap rileks. Cium lutut dalam posisi berdiri dan peluk belakang kakimu, kemudian tahan posisi tersebut selama 45 detik hingga 2 menit. Setelah selesai, tekuk lutut dan kembalikan tubuh ke posisi tegap secara bertahap.

Tips: Jika tubuhmu tidak bisa mencapai posisi sampai mencium lutut, coba tekuk lutut lebih rendah atau tempatkan tangan pada permukaan yang lebih tinggi.  

  1. Butterfly Stretch

Latihan ini bermanfaat untuk meregangkan leher, punggung, bokong, paha belakang, dan paha.

Caranya adalah:

Duduklah tegap di atas lantai seperti posisi duduk bersila tapi dengan kedua telapak kaki disatukan di tengah. Pegang telapak kaki dengan tangan, kunci perut, lalu secara perlahan-lahan majukan tubuh ke arah telapak kaki hingga serendah mungkin, kemudian tahan selama 45 detik hingga 2 menit.

Tips: Jika tubuhmu kesulitan merendah sampai ke telapak kaki, coba tinggikan posisi kakimu dengan mengganjalnya dengan bantal atau sesuatu lainnya, dan coba lakukan kembali butterfly stretch.

  1. Seated Trunk Twist

Latihan ini bermanfaat untuk meregangkan punggung, perut, dan pinggang.

Caranya adalah:

Duduklah tegap di atas lantai, perut dikunci dan kaki dipanjangkan ke depan dan dirapatkan. Putar tulang rusuk ke arah kanan, sambil menjaga agar posisi hidung sejajar dengan tulang dada dan perut masih terkunci. Lalu angkat tulang rusuk lebih tinggi lagi agar bisa memutar lebih jauh ke kanan. Putarlah sejauh mungkin. Setelah selesai, kembalikan posisi tubuh ke tengah, lalu ulangi gerakan yang sama ke arah kiri. Lakukan gerakan tersebut 10 set, dan tahan selama 30 detik pada putaran terakhir untuk masing-masing sisi.   

  1. Reclining Pigeon

Latihan ini bermanfaat untuk meregangkan punggung bawah, pinggul, bokong dan paha belakang.

Caranya adalah:

Berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk dan kaki menginjak lantai. Kemudian taruh kaki kanan di atas paha kaki kiri, taruh kedua tangan di belakang paha kaki kiri, lalu angkat kaki kiri beberapa senti dari lantai. Secara pelan-pelan, tarik kedua kaki ke arah dada, sampai kamu merasakan adanya otot-otot yang tertarik, tahan selama 45 detik hingga 2 menit. Turunkan kaki, lalu ganti dengan menaruh kaki kiri ke atas paha kaki kanan dan ulangi gerakan tadi.

Lakukan peregangan tersebut pada saat berolahraga secara rutin. Jika kamu merasakan nyeri otot pada bagian tubuh tertentu dan tidak kunjung hilang, segera bicarakan kepada dokter. Kamu kini bisa membicarakan masalah kesehatanmu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter untuk meminta saran-saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat. Jika kamu ingin melakukan cek kesehatan, seperti kadar kolesterol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, tidak usah keluar rumah. Kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Halodoc. Caranya sangat praktis, kamu tinggal pilih Lab Home Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemuimu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli vitamin atau produk kesehatan yang dibutuhkan tanpa perlu repot-repot keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.