09 July 2018

Lebih Sehat, Kenalan Dengan Manfaat Acroyoga

manfaat acroyoga

Halodoc, Jakarta – Olahraga merupakan aktivitas fisik yang harus rutin dilakukan untuk membuat kondisi tubuhmu selalu sehat. Apalagi jika olahraga tersebut dilakukan dengan pasangan, pasti kamu yang tadinya malas akan menjadi semangat untuk melakukannya.

Nah, untuk kamu yang gemar melakukan olahraga bersama pasangan, kamu dapat mencoba olahraga yang mulai banyak digemari, yaitu acroyoga yang berasal dari India. Seperti namanya, olahraga ini merupakan perpaduan dari gerakan acrobatic dan yoga, sehingga gerak-gerakannya mengandung dua unsur tersebut. Olahraga ini dilakukan dengan cara berpasangan dengan beberapa gerakan yang meski awalnya tampak sulit tapi tetap menyenangkan.

Dalam olahraga ini terdapat 3 orang yang biasanya terlibat, mereka disebut base, flyer, dan spotter. Orang yang bertugas sebagai penyangga disebut base, biasanya dilakukan oleh laki-laki. Sementara orang yang disangga disebut flyer, biasa dilakukan oleh wanita. Satu orang lagi disebut spotter, yang bertugas membantu apabila base dan flyer melakukan kesalahan serta menjaga agar gerakan keduanya tetap seimbang.

Baca juga: Dapatkan 5 Manfaat Ini dari Yoga

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba acroyoga ini bersama pasangan, ada baiknya menyimak manfaat acroyoga berikut:

  1. Melatih Keberanian

Olahraga ini memang terkesan sulit dan menakutkan. Namun tanpa disadari, olahraga ini akan melatih dirimu untuk lebih berani. Dalam melakukan olahraga ini pun sebetulnya tidak perlu ada yang dipaksakan. Semisal harus melakukan gerakan yang lebih sulit saat sudah menguasai gerakan dasar. Sebab jika dipaksakan, bisa saja kamu malah mengalami cedera.

  1. Melatih Kekuatan Otot

Gerakan acroyoga, semisal mengangkat kaki dan semacamnya, membutuhkan otot yang kuat. Dengan melakukan acroyoga secara rutin, maka otot tubuhmu akan dilatih agar semakin kuat. Nah, agar tidak cedera, sebaiknya kamu juga tetap melakukan pemanasan saat hendak melakukan olahraga ini.

  1. Mengencangkan Miss V

Untuk kalangan wanita, manfaat acroyoga ini juga ternyata mampu membuat Miss V menjadi lebih kencang. Sebab, beberapa gerakan dalam olahraga ini melibatkan paha dalam, sehingga akan mempengaruhi alat vital. Lakukanlah secara rutin, agar manfaatnya dapat kamu rasakan.

  1. Meningkatkan Fokus

Gerakan-gerakan acroyoga sangatlah membutuhkan konsentrasi tinggi dan fokus yang harus tetap terjaga, agar gerakan berhasil dilakukan. Dengan pikiran yang fokus ini, maka kamu akan terhindar dari stres dan pikiranmu akan menjadi lebih tenang.

  1. Mengharmoniskan Hubungan

Olahraga ini memang hanya bisa dilakukan oleh dua orang, sehingga jika dilakukan oleh pasangan, maka akan melibatkan gerakan tubuh serta komunikasi di antara keduanya. Dengan komunikasi yang tercipta dengan baik ini, maka hubungan pun akan menjadi semakin harmonis. Selain itu, jika olahraga ini dilakukan oleh orang yang baru saling kenal, mereka akan bisa cepat akrab.

  1. Memperbaiki Struktur Tulang

Gerakan acroyoga, semisal kayang di atas kaki, akan membuat tulang punggung yang bungkuk menjadi tegak kembali. Ini menjadi alternatif bagi mereka yang ingin agar postur tubuhnya menjadi lebih baik. Dengan acroyoga pun, sakit yang biasa kamu rasakan pada bagian belakang perlahan akan berkurang.

Baca juga: Rematik Terasa Mengganggu? Yoga Saja!

Nah, tadi adalah manfaat acroyoga untuk tubuhmu. Jika kamu ingin tahu olahraga lain dan tips-tips tentang pola hidup sehat, kamu bisa menanyakannya ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi? Yuk, segera download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!