21 June 2018

Lebih Sehat Mana Rambut Kering atau Berminyak

rambut sehat, rambut kering, rambut berminyak

Halodoc, Jakarta – Rambut adalah mahkota, apalagi bagi para wanita. Memiliki rambut yang berkilau dan sehat tentu menjadi idaman semua orang. Namun, setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda, ada yang memiliki rambut sehat, jenis rambut cenderung kering, berminyak, bahkan ada yang memiliki jenis rambut kering dan juga berminyak. Biasanya, rambut yang memiliki dua masalah tersebut sekaligus dikenal dengan jenis rambut kombinasi. Lalu, lebih baik memiliki rambut kering atau rambut yang berminyak?

Baca juga: Kurang Vitamin Pengaruhi Kesehatan Rambut

Miliki Rambut Sehat dengan Menjaga Kutikula Rambut

Lebih baik kamu memiliki rambut yang sehat dibandingkan dengan memiliki rambut yang cenderung kering atau cenderung berminyak. Banyak yang harus kamu perhatikan dengan baik untuk mendapatkan rambut yang sehat. Rambut yang sehat tentu memiliki kulit kepala yang sehat pula. Dalam kondisi rambut yang sehat, kutikula akan menutup memberikan permukaan halus kepada rambut, sehingga rambut tetap terjaga kesehatannya. Kutikula yang terbuka akan membuat zat-zat atau kotoran lain mudah masuk ke batang rambut yang dapat menyebabkan rambut rusak.

Rajin Keramas Membuat Rambut Menjadi Sehat

Shailene Woodley, seorang pemeran film dalam layar lebar “Divergent” mengatakan bahwa ia jarang sekali keramas, sehingga ia memiliki rambut yang berminyak dan rambutnya terlihat semakin berkilau dan bagus. Seorang pakar tata rambut dari Cardiff, Mark Coray, justru mengatakan bahwa tidak ada keuntungan dari jarang merawat rambut dan jarang keramas. Minyak alami pada rambut memang bisa membuat rambut berkilau dan mudah diatur. Namun menurutnya, rambut tidak bisa membersihkan dirinya sendiri, sehingga setiap orang disarankan untuk rajin keramas dan merawat rambut. Ya, keramas merupakan salah satu perawatan yang paling mudah dilakukan untuk merawat rambut agar kesehatannya tetap terjaga.

Begitu juga dengan rambut kering, rambut kering biasanya akan lebih sulit untuk ditata dan mudah sekali patah. Tidak hanya patah, rambut yang terlalu kering juga bisa menjadi rontok yang paling parahnya kebotakan dini. Selain itu, rambut kering akan membuat rambut kamu terlihat kusam. Banyak faktor yang bisa membuat rambut menjadi kering, penggunaan sampo yang salah atau penggunaan alat-alat pengering rambut seperti hair dryer atau alat catok juga bisa membuat rambut kehilangan minyak alami dan menjadi kering. Biasanya orang yang memiliki rambut kering disarankan untuk keramas selama 2 hari sekali.

Lakukan Perawatan untuk Rambutmu

Terkadang perawatan rambut yang mahal bikin kamu malas untuk pergi ke salon. Namun sebenarnya, kamu bisa merawat rambutmu sendiri di rumah.

 

  • Jalani Kebiasaan Mencuci Rambut dan Menata Rambut yang Sehat

 

Rajin keramas boleh saja, tapi jika kamu melakukannya setiap hari, tentu akan membuat rambut kamu menjadi kering karena kehilangan minyak alami pada rambut. Begitu juga dengan rambut yang berminyak, sebaiknya hindari keramas setiap hari karena ini akan membuat kelenjar minyak di kulit kepala kamu akan semakin banyak memproduksi minyak. Idealnya, kamu keramas 2 hari sekali agar rambut kamu tetap terjaga kesehatannya.

 

  • Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Alami

 

Kebanyakan sampo dibuat dengan campuran zat pembersih yang keras. Tidak ada salahnya sesekali kamu mencoba gunakan bahan-bahan alami, seperti masker rambut yang terbuat dari lidah buaya, putih telur, atau alpukat.

Baca juga: Cara Tepat Atasi Masalah Rambut Berminyak Bagi yang Berhijab

Jika kamu punya keluhan terhadap kesehatan rambut kamu, kamu bisa tanya dokter yang ada di Halodoc dengan download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play. Kamu juga bisa membeli vitamin rambut melalui Halodoc, lho. Kamu hanya tinggal pesan lewat aplikasi Halodoc dan pesanan kamu akan diantar langsung ke tempatmu.