24 January 2018

Makan Malam Sehat untuk Pengidap Kolesterol

Makan Malam Sehat untuk Pengidap Kolesterol

Halodoc, Jakarta – Kolesterol tinggi adalah penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar kolesterol “jahat” di dalam darah. Saat seseorang mengalami kolesterol tinggi, biasanya risiko terkena penyakit berbahaya pun akan meningkat. Beberapa penyakit yang rentan menyerang pengidap kolesterol tinggi adalah serangan jantung dan stroke.

Saat seseorang sudah terlanjur mengalami kolesterol tinggi, maka hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menjaga dan berusahan membuat kadar kolesterol turun. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola makan yang lebih sehat.

Pengidap kolesterol memang dianjurkan untuk menjaga agar berat badan tidak berlebihan, bahkan disarankan menurunkan berat badan jika berlebih. Namun jangan khawatir, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Yaitu dengan mengatur menu makan termasuk saat makan malam. Coba daftar makan malam yang aman dan sehat bagi pengidap kolesterol berikut!

  1. Beras Merah

Makan adalah hal yang penting bagi orang Indonesia. Nah, cobalah mengganti beras putih dengan beras merah untuk menu makan malam yang lebih sehat. Sebab dibanding beras putih, kandungan karbohidrat kompleks lebih banyak ditemukan dalam beras merah. Selain itu, beras merah pun memiliki kalori yang lebih rendah tapi memiliki serat yang lebih tinggi.

  1. Ikan Salmon

Salmon memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi. Zat ini berperan dalam melindungi pembuluh darah jantung. Artinya makanan yang satu ini sangat cocok untuk dikonsumsi jika kamu memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi.

Namun perlu untuk memerhatikan bagaimana cara ikan salmon dimasak. Sebab salah mengolah dapat menyebabkan manfaat dari ikan menjadi hilang. Cara terbaik untuk memasak salmon adalah dengan memanggang ikan sampai dagingnya kemerahan.

  1. Perbanyak sayur

Memenuhi piring makan dengan sayuran segar bisa menjadi cara untuk menjaga kadar kolesterol. Selain itu, rutin makan sayur telah terbukti dapat menjaga kesehatan seluruh bagian tubuh.

Sayur-sayuran memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi banyak sayuran pun akan membuat kamu lebih cepat kenyang sehingga menghindari keinginan untuk makan berlebih. Tentu hal ini dapat mencegah terjadinya kenaikan berat badan yang dapat memperparah kondisi tubuh. Sayuran terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol adan sayur yang kaya akan serat. Seperti brokoli, ubi dan terong.

  1. Kentang Rebus

Sesekali ganti nasi dengan kentang rebus. Mengonsumsi kentang rebus dapat memeuhi kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kamu bisa mengombinasikan kentang rebus dengan dengan ikan salmon panggang untuk mendapat menu makan malam yang sehat.

  1. Alpukat

Selain makanan berat, kamu pun bisa mengisi makan malam dengan camilan sehat. Seperti memakan buah alpukat. Buah ini banyak mengandung lemak tak jenuh yang aman untuk dikonsumsi.

Sebaiknya makan alpukat dalam bentuk buah. Alpukat sering diolah menjadi segelas jus namun biasanya akan dicampurkan dengan gula dan susu. Hal tersebut  membuat alukat malah menjadi kurang sehat.

  1. Salad

Semangkuk salad buah atau salad sayur pun bisa dimasukkan dalam menu makan malam sehat. Namun hati-hati, sebaiknya tidak mencampur antara buah dan sayuran dalam satu mangkuk yang sama. Sejumlah ahli menyarankan untuk mengonsumsi salah satunya  saja dalam satu kali makan.

Menjaga kesehatan bagi pengidap kolesterol tinggi tak hanya berhenti pada pola makan sehat. Hal tersebut harus dibarengi dengan olahraga teratur dan menghindari hal-hal  yang dapat memicu sakit. Pakai aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter jika menemukan gejala dini kolesterol atau penyakit lainnya. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga bisa dimanfaatkan untuk membeli obat dan merencanakan pemeriksaan laboratorium. Yuk, download sekarang!