21 February 2018

Makan Popcorn saat Nonton Film Punya Manfaat Ini

Makan Popcorn saat Nonton Film Punya Manfaat Ini

Halodoc, Jakarta – Menikmati film di bioskop rasanya kurang lengkap tanpa membeli camilan khas yaitu popcorn. Makanan yang satu ini memang sudah melekat erat sebagai pendamping dalam menikmati jalannya cerita dari sebuah film. Selain membuat momen menonton semakin lengkap, ternyata popcorn menyimpan banyak manfaat, lho. Mau tahu apa saja?

Mengonsumsi satu porsi popcorn nyatanya bisa memberi dampak baik untuk kesehatan. Karena makanan yang berbahan dasar jagung ini memiliki sejumlah kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Yuk, cari tahu apa saja manfaat sehat yang bisa kamu dapat jika rutin mengonsumsi popcorn!

  1. Popcorn Tinggi Serat

Karena terbuat dari 100 persen biji gandum utuh, popcorn masuk dalam golongan makanan yang tinggi serat. Kandungan serat dalam makanan telah terbukti baik untuk pencernaan jika dikonsumsi dengan benar. Artinya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Pasalnya, serat dapat membuat pergerakan usus teratur sehingga menjauhkan masalah pencernaan, seperti sembelit alias susah buang air besar. Selain itu, serat yang ada pada popcorn juga disebut dapat memperlambat metabolisme karbohidrat menjadi gula sehingga ramah terhadap pengidap diabetes, juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

  1. Mencegah Kanker

Meski terdengar berlebihan, namun mengonsumsi popcorn disebut dapat membantu mencegah sel kanker menyerang. Karena makanan ini merupakan sumber antioksidan yang bernama polifenol. Antioksidan ini mampu membunuh radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

Karena kemampuannya dalam melawan radikal bebas, maka orang yang rutin mengonsumsi popcorn cenderung lebih “aman” dari kanker. Karena konsumsi popcorn secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh terutama dalam mencegah kanker.

  1. Menurunkan Berat Badan

Khasiat ajaib lain dari popcorn adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Karena camilan ini memiliki jumlah kalori yang relatif rendah dan aman dikonsumsi tanpa khawatir berat badan melonjak.

Camilan ini juga bebas dari lemak dan gula. Sehingga tak perlu khawatir berat badan akan melonjak meski mengonsumsi popcorn dalam jumlah besar. Namun tentu saja harus memperhatikan takaran yang dianjurkan dan menghindari konsumsi berlebihan.

Tapi perlu diingat, manfaat dari popcorn ini hanya bisa didapat jika kamu mengonsumsi produk yang berasal dari gandum utuh. Hindari mengonsumsi popcorn mentega atau popcorn dengan aneka rasa secara berlebihan, karena akan memberikan efek sebaliknya.

Popcorn Juga Bisa Berdampak Negatif

Meski menjanjikan banyak manfaat sehat, nyatanya camilan yang satu ini juga bisa memberi efek sebaliknya. Yaitu gangguan terhadap kesehatan jika diolah dengan cara yang tidak benar alias tidak aman.

Contohnya adalah popcorn yang harus dipanaskan bersama kemasannya dengan microwave. Hal ini bisa menjadi berbahaya karena kemasan popcorn biasanya dilapisi zat kimia yang disebut perfluorooctanoic acid (PFOA). Sejumlah penelitian menyebut PFOA bisa memicu risiko ADHD, berat badan lahir rendah, dan masalah tiroid.

Popcorn yang dikonsumsi dengan berbagai rasa dan diolah dengan mentega malah bisan membuat bobot tubuh naik. Karena makanan ini tak lagi rendah kalori, bahkan beberapa mengandung minyak trans yang berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan penyakit serius lainnya.

Punya masalah seputar kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli obat dan produk kesehatan lain lebih hemat dan praktis. Pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam, lho. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!