Makan Sehat Bisa Turunkan Risiko Depresi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Makan Sehat Bisa Turunkan Risiko Depresi

Halodoc, Jakarta – Pernah dengar “you are what you eat?”, ternyata itu bukan istilah belaka, sebab pola makan dan jenis asupan yang dikonsumsi, nyatanya memang berkaitan dengan kesehatan tubuh. Tidak hanya kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental.

Pada dasarnya, makan adalah kebutuhan dasar manusia. Tapi, selain mengenyangkan perut, makanan tertentu juga disebut bisa membantu menurunkan risiko depresi. Ada beberapa jenis makanan yang ternyata bisa membantu membuat perasaan seseorang lebih baik, sehingga dapat menjaga kesehatan mental. Sebab, apa yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh dapat memengaruhi kinerja sel tubuh, sistem kekebalan tubuh, hingga kemampuan tubuh dalam merespon stres.

Belakangan ini, stres dan depresi seolah sangat mudah menyerang terutama pada orang-orang yang tinggal di kota besar. Entah stres karena pekerjaan, masalah hidup, ataupun alasan-alasan lainnya. Kalau kamu termasuk orang yang mudah mengalami stres dan depresi, jangan khawatir. Karena kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan risiko depresi. Dan makanan sehat ternyata bisa menjadi salah satu solusi untuk menurunkan risiko depresi menyerang. Kok bisa?

Sebab, jenis makanan yang masuk ke usus ternyata berperan dan bisa memengaruhi suasana hati serta kesehatan usus. Alasannya, di dalam usus manusia ada mikroorganisme yang hidup dan menghasilkan begitu banyak senyawa kimia saraf yang kemudian berperan dalam membangun, serta meningkatkan suasana hati dan saraf-saraf lainnya.

Baca juga: 5 Penyebab Depresi yang Sering Diabaikan

Lantas, apa saja jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk menghindari depresi?

  • Sayuran Berdaun Hijau

Melansir WebMD, salah satu jenis makanan sehat yang bisa membantu mencegah depresi adalah sayuran berdaun hijau. Sebab, kandungan asam folat dalam makanan ini disebut dapat melindungi sel otak, yaitu bagian tubuh yang diduga berkaitan dengan stres dan depresi.

Mengonsumsi banyak sayuran hijau bisa membantu meningkatkan kinerja sel otak, sehingga dapat bekerja dengan baik. Artinya, mengonsumsi jenis makanan ini bisa menjadi salah satu cara untuk melindungi diri dari serangan depresi.

  • Wortel

Selain sayuran hijau, kamu juga bisa mengonsumsi wortel untuk menangkal serangan depresi. Makanan sehat yang satu ini mengandung banyak beta karoten yang dianggap bisa membantu menurunkan risiko depresi. Selain pada wortel, nutrisi tersebut juga bisa ditemukan dalam jenis makanan lain, seperti labu, bayam, dan juga ubi.

  • Salmon

Mulai merasa tertekan dan menunjukkan gejala depresi? Konsumsi ikan saja! Jenis makanan laut yang satu ini disebut bisa membantu menurunkan risiko depresi, karena memiliki kandungan omega-3. Zat tersebut dapat membantu sel otak untuk menghasilkan suatu zat kimia yang dapat memengaruhi suasana hati alias mood seseorang.

Baca juga: Depresi Bisa Terjadi pada Segala Usia

Jenis ikan yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar terhindar dari stres dan depresi adalah salmon dan tuna. Mendapat banyak asupan omega-3 bisa membantu menurunkan risiko seseorang mengalami depresi yang mengganggu.

  • Susu

Mengonsumsi segelas susu hangat ternyata tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tulang, namun juga bisa membantu mencegah depresi. Sebab, kekurangan asupan vitamin D bisa menjadi salah satu penyebab seseorang rentan mengalami gangguan suasana hati. Apalagi susu adalah salah satu sumber vitamin D terbaik yang bisa dikonsumsi.

Baca juga: Jangan Diabaikan, 8 Tanda Fisik Terkena Depresi

Kamu juga bisa mengonsumsi vitamin D dari suplemen tertentu. Biar lebih mudah, beli suplemen atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!