• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makan Sehat Bisa Turunkan Risiko Depresi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makan Sehat Bisa Turunkan Risiko Depresi

Makan Sehat Bisa Turunkan Risiko Depresi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 September 2021
Makan Sehat Bisa Turunkan Risiko Depresi

“Sebaiknya jangan asal mengonsumsi makanan setiap harinya. Pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat agar kebutuhan nutrisi terpenuhi. Selain membantu kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan tubuh, makan sehat bisa turunkan risiko depresi. Perbanyak mengonsumsi sayuran hijau, buah, dan susu untuk membantu kamu menjaga kesehatan mental.”

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya perhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi setiap hari. Pola makan dan jenis asupan yang dikonsumsi berkaitan dengan kesehatan tubuh. Bukan hanya kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental.

Mengonsumsi makanan sehat bukan hanya membuat kesehatan tetap terjaga, kebiasaan ini bisa membantu menurunkan risiko depresi. Nah, simak ulasannya dalam artikel ini agar kamu dapat mengoptimalkan kesehatan fisik dan mental bersamaan.

Baca juga: Depresi Bisa Terjadi pada Segala Usia

Alasan Makan Sehat Bisa Turunkan Risiko Depresi

Pada dasarnya, makan adalah kebutuhan dasar manusia. Tapi, selain mengenyangkan perut, mengonsumsi makanan sehat dinilai bisa membantu menurunkan risiko depresi. Hal ini disebabkan makanan yang kamu konsumsi dapat memengaruhi kinerja sel tubuh, sistem kekebalan tubuh, hingga kemampuan tubuh dalam merespon stres.

Stres dan depresi bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Penyebabnya pun beragam, mulai dari gangguan kecemasan, berada dalam tekanan, hingga gangguan kesehatan fisik.

Jika kamu menjadi salah satu orang yang kerap mengalami gangguan stres, tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan di rumah dengan memulai pola makan sehat.

Lalu, bagaimana makan sehat bisa turunkan risiko depresi? Matthew J. Kuchan, PhD, ilmuwan peneliti di Abbott, mengatakan stres dapat menyebabkan gangguan pada tekanan dan aliran darah.

Mengonsumsi makanan sehat membuat tubuh mendapatkan kebutuhan nutrisi yang bisa membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan lebih baik, termasuk melancarkan aliran darah dan mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Selain itu, pengiriman nutrisi menuju otak juga perlu ditingkatkan ketika kamu mengalami stres atau depresi. Tidak hanya itu, jenis makanan yang masuk ke usus ternyata berperan dan bisa memengaruhi suasana hati serta kesehatan usus.

Alasannya, di dalam usus manusia ada mikroorganisme yang hidup dan menghasilkan begitu banyak senyawa kimia saraf yang kemudian berperan dalam membangun, serta meningkatkan suasana hati dan saraf-saraf lainnya.

Baca juga: 5 Penyebab Depresi yang Sering Diabaikan

Sayuran Hijau hingga Susu

Ada beberapa jenis makanan yang ternyata membantu membuat perasaan seseorang lebih baik, sehingga dapat menjaga kesehatan mental, seperti:

1.Sayuran Berdaun Hijau

Melansir dari laman WebMD, salah satu jenis makanan sehat yang bisa membantu mencegah depresi adalah sayuran berdaun hijau. Kandungan asam folat dalam makanan ini disebut dapat melindungi sel otak, yaitu bagian tubuh yang diduga berkaitan dengan stres dan depresi.

Mengonsumsi banyak sayuran hijau bisa membantu meningkatkan kinerja sel otak, sehingga dapat bekerja dengan baik. Artinya, mengonsumsi jenis makanan ini bisa menjadi salah satu cara untuk melindungi diri dari serangan depresi.

2.Alpukat

Selain sayuran hijau, kamu juga bisa mengonsumsi alpukat untuk mencegah stres dan depresi memburuk. Alpukat memiliki kandungan Omega 3 yang membantu kamu menurunkan risiko stres, cemas, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki suasana hati.

3.Salmon

Mulai merasa tertekan dan menunjukkan gejala depresi? Konsumsi ikan saja! Jenis makanan laut yang satu ini bisa membantu menurunkan risiko depresi, karena memiliki kandungan omega-3. Zat tersebut dapat membantu sel otak untuk menghasilkan suatu zat kimia yang memengaruhi suasana hati alias mood seseorang.

Jenis ikan yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar terhindar dari stres dan depresi adalah salmon dan tuna. Mendapat banyak asupan omega-3 bisa membantu menurunkan risiko seseorang mengalami depresi yang mengganggu.

4.Susu

Mengonsumsi segelas susu hangat ternyata tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tulang, namun juga bisa membantu mencegah depresi. Kekurangan asupan vitamin D bisa menjadi salah satu penyebab seseorang rentan mengalami gangguan suasana hati. Apalagi susu adalah salah satu sumber vitamin D terbaik yang bisa dikonsumsi.

Baca juga: Jangan Diabaikan, 8 Tanda Fisik Terkena Depresi

Kamu juga bisa mengonsumsi vitamin D dari suplemen tertentu. Biar lebih mudah, beli suplemen atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg


Referensi:
Abbott. Diakses pada 2021. In Need of Stress Relief? The Answer Might Be in Your Diet.
Web MD. Diakses pada 2021. Depression and Diet.
Everyday Health. Diakses pada 2021. The 10 Best Food to Helps Fight Stress.