22 May 2019

Makanan Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan Reproduksi

Makanan Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan Reproduksi

Halodoc, Jakarta – Puasa telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya untuk memperbaiki fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki suasana hati, merangsang produksi hormon pertumbuhan manusia, mengatasi resistensi insulin, dan menyehatkan jantung.

Namun, tahukah kamu jika puasa juga baik untuk kesehatan reproduksi? Selama berpuasa, kadar asam dan basa dalam tubuh menjadi lebih seimbang, sehingga fungsi berbagai organ tubuh meningkat, termasuk organ reproduksi.

Baca Juga: Jangan Khawatir Sakit, 6 Manfaat Berpuasa

Tidak adanya asupan makanan dalam waktu lama membuat berbagai jenis bakteri, kuman, virus, dan sel berbahaya tidak bisa bertahan hidup lebih lama di dalam tubuh. Puasa memberikan kesempatan saluran cerna untuk beristirahat, sehingga racun dan kotoran yang berpotensi mengganggu bisa dibuang.

Hasilnya, fungsi organ reproduksi meningkat. Lantas, makanan apa saja yang bisa dikonsumsi saat berbuka untuk memaksimalkan manfaat puasa bagi kesehatan reproduksi?

1. Ikan

Terutama ikan tenggiri dan salmon yang mengandung asam lemak omega-3 dan protein lain yang baik untuk kesehatan reproduksi. Kandungan ini membantu mengurangi produksi prostaglandin, senyawa mirip hormon yang memicu kontraksi hebat pada rahim.

2. Telur

Telur kaya protein, vitamin D, lemak sehat, dan kolin. Asupan kolin dibutuhkan sebelum dan saat kehamilan untuk meningkatkan kemampuan tubuh menyerap asam folat. Dengan hanya konsumsi satu telur per hari, kadar zat kolin dalam tubuh meningkat sehingga berdampak baik pada proses penyerapan asam folat dalam tubuh.

Baca Juga: Puasa Bisa Meningkatkan Kesuburan, Benarkah?

3. Kacang-Kacangan

Konsumsi kacang secara rutin meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, terutama bagi yang masih berusia muda. Bagi ibu hamil yang berpuasa, konsumsi kacang saat berbuka bahkan bisa membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan, serta menurunkan risiko alergi pada bayi. Kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi antara lain kacang kedelai, kacang tanah, kacang polong, dan kacang kenari.

4. Buah-Buahan

Buah berwarna cerah bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan. Misalnya, buah beri (seperti stroberi, blueberry, dan blackberry) dan pisang. Buah beri kaya antioksidan dan serat yang mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan organ reproduksi. Sedangkan, buah pisang mengandung vitamin B6 yang mampu meningkatkan kesehatan reproduksi dengan cara merawat kualitas dan kuantitas sel telur.

5. Sayuran

Sama halnya seperti buah-buahan, sayuran berwarna cerah baik untuk kesehatan reproduksi, misalnya brokoli, bayam, salada, toge, dan kaler. Sayuran tersebut kaya asam folat dan vitamin D yang membantu meningkatkan ovulasi. Sayuran hijau baik dikonsumsi pria karena kandungan asam folatnya dipercaya mampu meningkatkan kualitas sperma.

6. Susu dan Produk Olahannya

Selain baik bagi kesehatan tulang, susu dan produk olahannya (seperti keju, yoghurt) baik dikonsumsi sebagai penyubur kandungan. Kamu bisa memilih produk susu dan olahannya yang rendah atau bebas lemak untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Baca Juga: Ini Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Reproduksi

Itulah makanan buka puasa yang baik untuk kesehatan reproduksi. Kalau kamu punya keluhan sakit saat puasa, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!