24 April 2018

Makanan yang Boleh Dimakan Sebelum dan Setelah Olahraga

Makanan yang Boleh Dimakan Sebelum dan Setelah Olahraga

Halodoc, Jakarta – Olahraga merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Terlebih jika ditambah dengan nutrisi yang dapat menunjang aktivitas olahraga kamu sehari-hari. Oleh karena itu, sebaiknya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh harus diperhatikan, baik sebelum berolahraga maupun setelah berolahraga.

Makanan Sebelum Olahraga

Sebelum berolahraga, kamu sebaiknya mengonsumsi makanan terlebih dahulu. Karena, saat berolahraga tubuh akan membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Selain itu, gula pada tubuh juga akan menjadi rendah dan bisa menyebabkan pingsan jika kamu tidak memiliki cukup energi untuk berolahraga.

 

  • Pisang

 

Salah satu nutrisi yang bisa kamu konsumsi sebelum berolahraga adalah karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting untuk tubuh. Salah satu buah penyedia karbohidrat yang sangat baik untuk tubuh adalah pisang. Mengonsumsi pisang sebelum berolahraga dapat membangun dan memperbaiki sistem otot.

 

  • Putih Telur

 

Jika kamu mengonsumsi kuning telur sebelum berolahraga, kamu bisa kembung bahkan lesu saat berolahraga. Maka, sebaiknya sebelum berolahraga kamu mengonsumsi putih telur, karena putih telur tidak mengandung lemak dan bisa memberikan kamu kandungan protein sebelum kamu mulai berolahraga.

 

  • Buah dan Yoghurt

 

Kombinasi buah dan yoghurt bisa kamu jadikan bahan bakar yang tepat sebelum kamu berolahraga. Dengan mengonsumsi buah dan yoghurt, kamu bisa mendapatkan beberapa kandungan nutrisi dan karbohidrat. Selain itu, buah dan yoghurt juga bermanfaat untuk menguatkan sistem otot kamu.

 

  • Dada Ayam

 

Dada ayam merupakan salah satu makanan yang cocok dikonsumsi saat akan berolahraga. Dada ayam mengandung protein yang bisa menjadi sumber energi saat kamu berolahraga.

(Baca juga: 5 Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh)

Makanan Setelah Olahraga

Saat berolahraga, otot menggunakan glikogen untuk bahan bakar dan setelah berolahraga sel-sel otot akan mengalami kerusakan. Untuk mengembalikan sistem otot, kamu perlu mengonsumsi makanan bernutrisi untuk membantu tubuh menyelesaikan proses tersebut lebih cepat. Manuel Vilacorta, ahli gizi sekaligus juru bicara American Dietetic Association, mengatakan bahwa kabohidrat dan protein merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setelah berolahraga. Berikut adalah beberapa menu makanan yang mudah untuk kamu buat setelah kamu berolahraga.

 

  • Salad Buah

 

Selain kaya vitamin, buah-buahan ini mudah dicerna oleh tubuh, membantu memecah asam amino, dan mencegah peradangan yang terjadi pada otot. Selain itu, kamu kamu juga bisa menambahkan buah-buahan yang memiliki banyak air, seperti semangka, agar tubuh kamu tetap terhidrasi.

 

  • Oatmeal

 

Oatmeal merupakan makanan yang berasal dari biji-bijian. Oatmeal mengandung serat pangan yang cukup tinggi, vitamin B kompleks, dan protein. Mengonsumsi oatmeal setelah berolahraga akan mengembalikan energi kamu dengan cepat.

 

  • Sayuran

 

Sayuran dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi dan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk mengembalikan sistem otot yang mengalami kerusakan setelah berolahraga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi pada sayur pun cukup beragam, mulai dari protein, antioksidan, vitamin dan mineral.

Nah, kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang makanan yang baik dikonsumsi sebelum dan setelah berolahraga, kamu bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu dengan solusi yang terbaik. Yuk, download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.