07 June 2018

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Saat Buka Puasa

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Saat Buka Puasa

Halodoc, Jakarta – Meski diizinkan untuk berpuasa, ibu hamil tetap harus menjaga dan memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Sebab, pada masa kehamilan, terjadi beberapa perubahan pada tubuh, termasuk pada sistem metabolisme.

Jika ibu hamil memutuskan untuk ikut berpuasa, cobalah untuk melakukan modifikasi menu makanan. Terutama makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Setelah satu hari berpuasa, seseorang cendurung ingin “balas dendam” pada waktu berbuka. Hal ini membuat keinginan untuk makan segala hal dalam porsi banyak semakin menggebu.

(Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Puasa?)

Padahal ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil saat berbuka puasa. Alasannya, jenis-jenis makanan tersebut berpotensi mengganggu asupan nutrisi dan bisa memicu terjadi berbagai keluhan kesehatan. Lantas apa saja jenis makanan dan minuman yang harus dihindari ibu hamil saat berbuka puasa?

 

  • Kopi

 

Saat berbuka puasa, ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kopi. Sebab minuman ini bersifat diuretik alias bisa meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Selama berpuasa, tubuh sudah kekurangan cairan karena tidak makan dan minum dalam waktu yang lama. Sehingga mengonsumsi asupan yang bersifat diuretik malah bisa memicu terjadinya  dehidrasi pada ibu hamil.

 

  • Makanan Manis

 

Makanan dan minuman yang terlalu manis juga sebaiknya dihindari saat berbuka puasa. Apalagi kalau rasa manis tersebut berasal dari zat pemanis atau gula tambahan. Mengonsumi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula dapat memicu berbagai penyakit menyerang ibu dan janin.

Salah satu risiko dari terlalu banyak mengonsumsi makanan manis adalah obesitas alias kelebihan berat badan pada ibu dan bayi. Wanita hamil yang mengalami obesitas akan lebih berisiko terhadap gangguan kehamilan seperti preeklampsia dan diabetes gestasional.

(Baca juga: 5 Cara Ibu Hamil Memenuhi Cairan Tubuh Saat Puasa)

 

  • Makanan Cepat Saji

 

Makanan cepat saji biasanya tidak memiliki kandungan gizi yang cukup beragam untuk memenuhi kebutuhan ibu selama hamil. Karena itulah, ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan cepat saji saat berbuka puasa.

Selain itu, sebagian besar makanan cepat saji biasanya terbuat dari bahan-bahan makanan yang mungkin sudah tidak segar lagi. Misalnya daging atau sayuran yang mungkin sudah terkontaminasi bakteri berbahaya. Ibu juga tidak dianjurkan mengonsumsi mi instan secara berlebihan. Sebab kandungan dalam makanan ini disebut dapat mengganggu pertumbuhan saraf janin dan memicu gangguan saraf ketika anak lahir.

 

  • Makanan Pemicu Asam Lambung

 

Menu buka puasa terbaik biasanya terdiri dari beragam makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang dibtuhkan tubuh. Artinya, saat berbuka puasa sebaiknya ibu menghindari jenis makanan yang malah bisa memicu terjadinya masalah, salah satunya naiknya asam lambung.

Ada beberapa jenis buah pemicu naiknya asam lambung yang sebaiknya dihindari sebagai santapan berbuka puasa. Misalnya buah jeruk, nanas, nangka, hingga durian. Terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan ini bisa menyebabkan produksi  asam lambung dalam tubuh meningkat dan berujung pada diare.

(Baca juga: 5 Nutrisi Wajib untuk Ibu Hamil yang Berpuasa)

Supaya lebih yakin, dapatkan saran dan rekomendasi makanan untuk buka puasa yang aman bagi ibu hamil dari dokter terpercaya di aplikasi Halodoc. Hubungi dokter lewat fitur Video/Voice Call dan Chat serta dapatkan tips menjaga kesehatan selama puasa. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!