07 June 2018

Mana Lebih Baik, Olahraga Setelah Sahur atau Jelang Berbuka

Mana Lebih Baik, Olahraga Setelah Sahur atau Jelang Berbuka

Halodoc, Jakarta – Bulan Ramadan seringkali dijadikan alasan untuk tidak melakukan olahraga. Padahal, olahraga saat menjalankan ibadah puasa perlu dilakukan untuk menjaga stamina tubuh selalu sehat dan bugar. Tidak hanya itu, melakukan olahraga saat menjalankan ibadah puasa nyatanya bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan, lho. Namun, hal ini hanya bisa terwujud jika kamu konsisten melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat saat sahur atau berbuka puasa.

Meskipun saat puasa kamu tidak mengonsumsi apapun selama 12 jam, tetapi dalam tubuh kamu masih tersisa cadangan lemak yang bisa dijadikan sebagai energi. Nah, cadangan lemak inilah yang dijadikan energi saat kamu berolahraga.

(Baca juga: Tips Olahraga Selama Puasa)

Kapan Sebaiknya Melakukan Olahraga?

Hindari melakukan olahraga pada siang hari. Pada siang hari udara yang panas dan matahari yang terik tentu akan membuat kamu semakin kelelahan dan dehidrasi, karena setelah berolahraga tubuh tidak mendapatkan asupan protein. Selain itu, waktu berbuka yang masih cukup jauh dikhawatirkan akan merusak ibadah kamu selama bulan Ramadan.

Sebaiknya, jika kamu sedang menjalani ibadah puasa, lakukan olahraga ringan pada saat menjelang waktu berbuka. Hal ini dikarenakan cadangan lemak yang sudah kamu gunakan sebagai energi saat berolahraga akan cepat digantikan saat kamu berbuka puasa. Sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang baik saat berbuka puasa.

Tidak hanya itu alasannya, sore hari atau waktu menjelang berbuka puasa ternyata memang merupakan waktu yang sangat tepat dalam membentuk otot. Sebab, kadar testosteron dalam tubuh kamu akan meningkat dan paling banyak pada sore hari.

Namun ingat, kamu tidak boleh terlalu memaksa untuk melakukan olahraga yang sangat menguras tenaga. Lakukan olahraga ringan dan waktunya pun tidak perlu berlebihan. Berhenti saat kamu sudah merasa lelah dan lemas.

Jenis Olahraga yang Sebaiknya Dilakukan saat Puasa

Hal yang paling penting saat melakukan olahraga pada bulan puasa adalah memperhatikan kekuatan fisik kamu. Selain itu, kamu harus memilih olahraga yang paling tepat untuk kamu lakukan saat sedang menjalani ibadah puasa. Usahakan jangan melakukan olahraga yang terlalu berat. Pilihlah olahraga yang dapat menyegarkan tubuh kamu seperti joging atau bersepeda sore hari. Selain itu, sesuaikan durasi olahraga dengan kemampuan tubuh kamu saat itu.

Kamu juga bisa memilih berolahraga di dalam ruangan agar tidak terlalu menguras energi kamu menjelang berbuka puasa. Selain lebih efektif, berolahraga dalam ruangan juga membuat kamu terhindar dari terik matahari.

Kamu juga bisa memilih untuk melakukan olahraga renang sebelum berbuka puasa, lho. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat berenang di bulan puasa. Jangan sampai kegiatan berenang menganggu kelancaran ibadahmu.

(Baca juga: Renang Saat Puasa, Kapankah Waktu yang Tepat?)

Puasa sebaiknya tidak menghalangi kamu untuk tetap produktif melakukan olahraga, ya. Tetap lakukan olahraga karena manfaatnya yang cukup banyak bagi kesehatan. Namun ingat, lakukan olahraga yang ringan dan jangan terlalu memaksakan tubuh. Tanya dokter jika butuh informasi lebih mengenai hal ini dengan bertanya melalui fitur Contact Doctor. Dengan fitur ini kamu bisa bertanya pada ahlinya dan langsung mendapatkan jawaban melalui Voice Call, Video Call, atau Chat dengan dokter yang kamu pilih. Yuk, download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.