• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Air Kelapa Muda untuk Tingkatkan Produksi ASI
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Air Kelapa Muda untuk Tingkatkan Produksi ASI

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Tingkatkan Produksi ASI

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 November 2021
Manfaat Air Kelapa Muda untuk Tingkatkan Produksi ASI

“Pada dasarnya, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk siapa saja. Namun, bagi ibu menyusui, salah satu manfaat air kelapa muda yang bisa didapatkan adalah meningkatkan produksi ASI.”

Halodoc, Jakarta – Air kelapa muda tak hanya enak dan menyegarkan, tetapi juga banyak manfaatnya. Untuk ibu menyusui, salah satu manfaat air kelapa muda yang banyak dipercaya adalah dapat meningkatkan produksi ASI. Namun, benarkah demikian?

Secara umum, air kelapa muda merupakan minuman sehat dengan nutrisi yang seimbang, juga rendah gula. Minum segelas air kelapa saat menyusui akan menambah asupan elektrolit, mineral, dan vitamin harian.

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Menyusui

Air kelapa muda sangat efektif untuk merehidrasi tubuh, karena kandungan vitamin, mineral, dan elektrolitnya. Lantas, benarkah salah satu manfaat air kelapa muda adalah untuk meningkatkan produksi ASI?

Air kelapa muda secara tradisional telah digunakan sebagai galactagogue di berbagai belahan dunia. Pola makan yang seimbang dengan berbagai minuman, termasuk air kelapa, dapat meningkatkan produksi ASI. Namun, belum ada studi klinis yang menunjukkan efektivitas air kelapa dalam mengatur suplai ASI.

Meski begitu, menambahkan air kelapa muda sebagai pola makan selama menyusui tetap jadi pilihan yang sehat. Sebab, air kelapa muda mengandung beberapa nutrisi penting, enzim, dan asam fenolik yang dapat mendukung pemulihan pascapersalinan serta menghidrasi tubuh.

Kemungkinan Manfaat Kelapa Muda Lainnya

Air kelapa muda adalah minuman rendah kalori yang dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan saat menyusui. Selain meningkatkan produksi ASI, manfaat air kelapa muda lainnya adalah:

1. Menghidrasi Tubuh

Air kelapa muda mengandung zat gizi mikro yang mendukung hidrasi tubuh. Ini adalah pengganti ideal untuk minuman tinggi gula, seperti jus buah, dan minuman berkafein, seperti kopi dan soda.

2. Menyehatkan Pencernaan

Mengonsumsi air kelapa muda dapat membantu menyehatkan pencernaan. Hal ini karena air kelapa muda mengandung asam laurat, yang dapat membantu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Antioksidan dan asam laurat dalam air kelapa muda memiliki sifat antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan imunostimulan. Dengan begitu, mengonsumsi air kelapa muda dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Menyehatkan Tubuh secara Keseluruhan

Menurut studi pada 2011 yang diterbitkan di Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, air kelapa muda memiliki sifat hipoglikemik, antihipertensi, dan hepatoprotektif.

Artinya, manfaat air kelapa muda adalah dapat mengurangi kelebihan gula darah, mengurangi tekanan darah tinggi, dan melindungi kesehatan organ hati. Hal ini karena air kelapa muda mengandung asam amino dan enzim.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Meski menyehatkan dan manfaat air kelapa muda sangat banyak untuk kesehatan, ibu menyusui tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi air kelapa muda selama menyusui:

  • Bicarakan dengan dokter terlebih dahulu jika memiliki penyakit ginjal atau masalah terkait tekanan darah, serta jika baru saja menjalani operasi caesar.
  • Air kelapa muda segar mudah rusak, sehingga sebaiknya jangan diminum jika sudah disimpan di suhu ruangan lebih dari dua jam.
  • Jika membeli air kelapa kemasan, periksa tanggal kedaluwarsa dan komposisi untuk mengetahui adanya bahan tambahan lain seperti gula dan pengawet.
  • Hindari mengonsumsi air kelapa muda berlebihan, karena dapat meningkatkan risiko hiperkalemia (kadar kalium yang tinggi dalam darah).

Itulah pembahasan mengenai manfaat air kelapa muda. Dapat diketahui bahwa minuman ini dapat membantu meningkatkan produksi ASI, serta menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Namun, jangan lupa untuk mengonsumsi variasi makanan bergizi lainnya agar asupan seimbang, ya. Jika memiliki masalah kesehatan selama menyusui, segera download aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Asian Pacific Journal of Tropical Medicine. Diakses pada 2021. Coconut (Cocos nucifera L.: Arecaceae): In Health Promotion And Disease Prevention.
Mom Junction. Diakses pada 2021. Is It Safe To Drink Coconut Water When Breastfeeding?
Enjoy Mom Life. Diakses pada 2021. Coconut Water While Breastfeeding: Does It Increase Milk Production?