20 July 2018

Manfaat dan Risiko Makan Mangga saat Hamil

Manfaat dan risiko makan mangga saat hamil, manfaat makan mangga saat hamil, risiko makan mangga saat hamil

Halodoc, Jakarta – Mangga termasuk buah yang identik dengan ibu hamil. Ini karena banyak ibu yang ngidam mangga muda saat hamil. Tapi, apakah mengonsumsi mangga saat hamil itu aman? Simak penjelasan berikut ini, yuk!

Baca juga: Paling Baik Wanita Hamil Konsumsi Jenis Buah Ini

Manfaat Makan Mangga saat Hamil

Sama seperti buah lainnya, mangga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk bagi ibu hamil. Nutrisi yang terkandung dalam mangga diantaranya adalah vitamin (A, B, dan C), asam folat, kalsium, zat besi, dan magnesium. Dengan kandungan gizi tersebut, mangga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi saat hamil. Antara lain:

1. Mencegah Anemia

Kandungan vitamin C dan zat besi dalam mangga dapat menjaga ketersediaan jumlah darah dalam tubuh. Vitamin C di dalamnya juga dapat membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil. Sehingga, kombinasi vitamin C dan zat besi ini dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil.

Baca juga: Anemia Pada Ibu Hamil, Harus Dirawat di Rumah Sakit?

2. Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Asam folat dalam buah mangga dapat membantu tumbuh kembang otak dan saraf tulang belakang janin dalam kandungan. Vitamin A di dalamnya juga dapat membantu pembentukan gigi dan tulang bayi, serta perkembangan sistem organ tubuh (seperti: sistem mata, jantung, paru-paru, dan ginjal).

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Mangga termasuk buah yang tinggi serat, sehingga dapat mencegah sembelit dan melancarkan saluran cerna pada ibu hamil. Serat juga dapat membuat ibu kenyang lebih lama, sehingga mencegah ibu hamil makan berlebih.

4. Mencegah Sakit

Mangga juga dapat mencegah sakit yang membahayakan ibu hamil. Ini karena mangga mengandung beberapa nutrisi, seperti:

  • Antioksidan. Kandungan ini dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab sakit, seperti kanker, jantung, hingga alzheimer.
  • Magnesium. Kandungan ini dapat menurunkan tekanan darah, sehingga mengurangi risiko pre-eklampsia pada ibu hamil.
  • Vitamin B6. Kandungan ini dapat meringankan gejala ibu hamil, termasuk mual akibat morning sickness.

5. Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Mangga juga kaya elektrolit. Kandungan inilah yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, serta mengatur kerja otak, jantung, dan otot agar tetap berfungsi optimal.

Risiko Makan Mangga saat Hamil

Meski bermanfaat untuk tubuh, makan mangga saat hamil tidak boleh berlebihan. Sebab, makan mangga berlebihan dapat memicu gangguan kesehatan, seperti mulas dan diare. Pada wanita yang alergi dengan mangga, buah ini juga dapat memicu reaksi alergi. Bahkan, kandungan gula yang tinggi dalam mangga juga dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan hamil dan risiko diabetes gestasional.

Agar mendapat manfaat yang maksimal, pastikan ibu menjaga kebersihan buah mangga dan kebersihan tangan sebelum mengolah dan mengonsumsinya. Cuci buah mangga terlebih dahulu, kupas kulitnya, lalu potonglah sesuai selera. Sebisa mungkin, hindari mengonsumsi daging buah mangga secara langsung dari kulitnya.

Baca juga: Ini Alasan Ibu Hamil Alami Ngidam

Itulah manfaat dan risiko makan mangga saat hamil. Kalau ibu punya pertanyaan lain seputar konsumsi mangga saat hamil, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Ibu bisa bertanya pada dokter Obstetri dan Ginekologi (kandungan) di aplikasi Halodoc kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!