Manfaat Mengelola Stres di Awal Tahun Baru 2020

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Manfaat Mengelola Stres di Awal Tahun Baru 2020

Halodoc, Jakarta – Tidak terasa, tinggal menghitung hari tahun akan berganti. Memasuki tahun baru 2020, sudah menyusun rencana dan resolusi awal tahun? Jangan lupa, masukkan juga hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan ya, misalnya resolusi untuk lebih mengelola stres. Nyatanya, mengelola stres adalah yang harus dilakukan dengan  serius. 

Sebenarnya, stres merupakan respon tubuh dan normal terjadi pada siapa saja. Namun hati-hati, stres yang berkepanjangan dan terlalu berat ternyata juga bisa memicu dampak yang tidak baik pada tubuh. Jika tidak dikelola dengan benar, stres bahkan disebut bisa meningkatkan risiko penyakit serius, misalnya penyakit jantung koroner. 

Baca juga: Benarkah Stres Bisa Picu Serangan Jantung?

Tips Mengelola Stres agar Tubuh Selalu Sehat 

Saat stres melanda, seseorang akan memiliki risiko lebih tinggi mengalami gangguan yang berkaitan dengan kesehatan. Stres bisa membuat pengidapnya mudah merasa lelah, sulit berkonsentrasi, suasana hati yang buruk, hingga mengalami gangguan kesehatan tertentu. Maka dari itu, penting untuk selalu mengelola stress dengan baik. 

Ada manfaat dari mengelola stres, di antaranya menghindari risiko penyakit, menurunkan kecemasan, mencegah penuaan dini, serta meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan virus flu. Mengelola stres juga membuat suasana hati menjadi lebih baik, sehingga kamu bisa lebih produktif serta kreatif dalam melakukan pekerjaan di tahun yang baru.

Mengelola stres bisa menurunkan risiko penyakit berbahaya, misalnya gangguan jantung. Stres berkepanjangan disebut-sebut bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung, terutama serangan jantung atau gagal jantung. Hal itu berkaitan dengan perubahan dan kondisi tubuh yang terjadi saat seseorang mengalami stres. 

Stres menyebabkan terjadinya perubahan yang bisa memicu gangguan pada kesehatan, salah satunya bisa berujung pada penyakit jantung koroner. Saat tubuh merasa tertekan akibat stres, tekanan darah pun secara alami akan meningkat, sehingga bisa mengganggu tekanan darah. Penting untuk mengatur stres dengan baik dan menanganinya agar tekanan darah tetap normal.

Baca juga: Waspadai 6 Gejala Penyakit Jantung Akibat Stres Berikut Ini

Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung menyerang. Saat tekanan darah terlalu tinggi, aliran darah menjadi tidak lancar. kemudian menimbulkan gangguan pada kerja organ jantung. Tekanan darah tinggi disebut menjadi salah satu faktor pemicu serangan jantung, gagal jantung, hingga stroke. 

Stres yang tidak dikelola dengan baik juga akan mendorong seseorang mencari pelampiasan. Sayangnya, hal ini sering dilakukan dengan cara yang benar. Tak jarang stres malah meningkatkan kemungkinan seseorang melakukan hal negatif, seperti merokok, makan berlebih, dan mengonsumsi minuman beralkohol. 

Kamu bisa belajar untuk mengelola stres dengan baik, salah satunya dengan mengetahui batasan tubuh dalam menerima tekanan. Saat stres melanda, cobalah untuk melampiaskannya dengan melakukan hobi atau hal positif lain, misalnya bercerita. Kamu bisa bercerita dan melepaskan stres dengan menghubungi psikolog melalui aplikasi Halodoc. Bicara pada ahlinya melalui Video/Voice Call dan Chat. Download sekarang di App Store dan Google Play! 

Baca juga: 4 Hal Ini Bisa Picu Penyakit Jantung

Perubahan gaya hidup juga bisa diterapkan untuk membantu mengelola stres. Mulailah gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat, dan cukup beristirahat. Di tahun yang baru, sangat penting untuk memastikan tubuh bebas dari stres agar kamu bisa menikmati momen pergantian tahun dengan orang-orang terkasih. 

Referensi:
WebMD. DIakses pada 2019. Stress Symptoms.
WebMD. DIakses pada 2019 How Stress Affects the Immune System.