• Home
  • /
  • Rutin Pakai Masker Pepaya, Ini Manfaatnya

Rutin Pakai Masker Pepaya, Ini Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Rutin Pakai Masker Pepaya, Ini Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Pepaya tidak hanya memberi manfaat untuk kesehatan, tetapi juga berkhasiat untuk meningkatkan kecantikan. Pepaya kaya vitamin, nutrisi, dan antioksidan yang baik untuk beta-karoten salah satunya yang efektif melawan keriput. 

Mencampurkan pepaya dengan lemon dan madu serta menjadikannya sebagai masker dapat mencegah keriput halus yang muncul. Terutama buat kamu yang sering beraktivitas di luar dan terkena paparan matahari, pepaya dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari dan mencegah penuaan dini. Informasi selengkapnya ada di bawah ini!

Efektif Menyembuhkan Bisul Kulit

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh The West Indian Medical Journal, disebutkan kalau pepaya efektif menyembuhkan bisul kulit. Secara keseluruhan pepaya dapat memberikan manfaat maksimal untuk kesehatan kulit mencakup:

  1. Melembapkan kulit. 

  2. Membersihkan pigmentasi.

  3. Menghapus lingkar hitam pada mata.

  4. Mengurangi keriput.

  5. Menghilangkan bekas terbakar matahari.

Pepaya mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang menjadikannya buah yang ideal untuk semua orang. Buah ini dapat meningkatkan warna kulit dari enzim aktif yang ada di dalamnya, seperti papain. Kandungan ini membantu mengurangi pigmentasi dan mengendalikan jerawat dan pembentukan kerutan.

Butuh informasi lebih lengkap mengenai manfaat pepaya untuk kulit, tanyakan saja langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Tips Penggunaan Masker Pepaya

Pepaya dapat dijadikan masker dengan cara mengoleskannya pada pada wajah terutama di area dengan flek hitam. Lantas, bagaimana cara pengolahannya? Jika kamu memiliki kulit berminyak, yang perlu dilakukan adalah mengambil satu sendok makan pepaya, kemudian diberikan beberapa tetes jus lemon, campurkan bahan-bahan tersebut sampai halus lalu oleskan pada wajah dan leher. Lebih baik kamu mengaplikasikan masker tersebut lebih tebal pada area yang bermasalah. Biarkan selama 15–20 menit, kemudian cuci dengan air hangat.

Jika memiliki kulit kering, maka ambil 1 sendok makan pepaya, tambahkan 1 sendok makan susu mentah, buat pasta halus dan oleskan di wajah dan leher. Sama seperti sebelumnya, alangkah lebih baik bila kamu mengaplikasikan masker lebih tebal pada area yang lebih bermasalah. Biarkan selama 15–20 menit, kemudian cuci dengan air hangat.

Supaya kulit bercahaya, ramuan kombinasi yang perlu kamu lakukan adalah lembutkan setengah pepaya, lalu campur dengan tiga sendok madu kemudian aduk sampai merata. Oleskan dengan lembut di wajah dan leher, kemudian diamkan selama 20 menit bilas dengan air dingin.

Punya masalah dengan jerawat? Kombinasi yang diperlukan adalah mengoleskan pepaya mentah yang sudah dihancurkan dan diberi perasan jeruk nipis. Biarkan selama beberapa detik, lalu aplikasikan ke wajah dan didiamkan selama 20–30 menit. 

Kombinasi ini dapat menghilangkan bekas jerawat dan membantu menyembuhkan peradangan. Untuk efek relaksasi, kamu bisa menyimpan kombinasi ini ke dalam kulkas sebelum dioleskan ke wajah dan area yang bermasalah.

Pepaya mengandung Vitamin A dan enzim Papain, sehingga efektif membantu mengangkat sel kulit mati dan protein yang tidak aktif, sehingga meremajakan kulit. Efek positif lainnya adalah kombinasi pepaya ini juga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Jika ingin kulit bercahaya, gunakan masker kombinasi pepaya dan madu. 

Referensi:

Taste of Home. Diakses pada 2020. 8 Surprising Ways Papaya Benefits Your Health.