16 May 2018

Manfaat Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan

Halodoc, Jakarta — Tahu enggak sih, buah semangka punya segudang manfaat, lho! Kandungan vitamin terbesar di buah semangka adalah vitamin A, disusul vitamin C, dan kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Mau tahu lebih banyak soal manfaat buah semangka ini? Yuk, baca terus artikel ini!

Sebagian besar manfaat buah semangka datang dari likopen di dalamnya. Likopen sendiri adalah antioksidan sekaligus zat alami yang memberi warna merah pada buah-buahan, termasuk semangka. Sejak dulu, tomatlah yang dianggap memiliki kandungan likopen tertinggi diantara buah lainnya. Namun, belakangan ditemukan bahwa semangka mengandung likopen lebih banyak dari pada tomat.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Nah, inilah manfaat semangka untuk kesehatan dan kecantikan.

  • Membantu menghentikan perkembangan insulin dan mengurangi kadar kolesterol jahat berkat kandungan likopen.
  • Satu lagi kegunaan likopen untuk kesehatan adalah memperkuat tulang. Kandungan ini juga mencegah tulang keropos seiring bertambahnya umur kita. Tidak hanya likopen, buah semangka juga kaya akan kalsium. Makanya buah ini sangat baik untuk tulangmu.
  • Sebagai antioksidan, likopen mampu mengurangi stres oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas, sehingga bisa mencegah kanker.
  • Vitamin C, yang merupakan kandungan terbanyak kedua di dalam buah semangka, telah memberikan banyak dampak positif sebagai terapi untuk mengatasi asma. Vitamin C ini melindungi saluran udara orang-orang yang memiliki asma.

(Baca juga: Tips Mengatasi Asma Kambuh Saat Hamil)

Manfaat Semangka untuk Kecantikan

Buah semangka juga bisa mendongkrak kecantikanmu dan menunjang penampilan, lho.

  • Kandungan airnya yang besar dapat membantu penurunan berat badan.
  • Vitamin C dan E di dalamnya juga merupakan antioksidan alami untuk mencegah penuaan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari.
  • Vitamin C juga dipercaya dapat membantu pertumbuhan rambut.

Masih punya banyak pertanyaan mengenai manfaat buah semangka? Jangan ragu untuk tanyakan langsung ke dokter yang ada di aplikasi Halodoc! Di aplikasi Halodoc, kamu bisa bicara dengan dokter melalui video/voice call atau chat.

(Baca juga: Rahasia Awet Muda dengan Makanan yang Enak)

Selain itu, kamu juga bisa pesan antar obat atau produk kesehatan lainnya dan cek lab. Semua fiturnya bisa kamu nikmati tanpa perlu beranjak dari tempatmu duduk. Pesanan obat atau vitaminmu akan diantar ke rumah. Untuk cek lab, petugas lab akan mendatangi kamu di waktu yang sudah kamu tentukan. Ayo, nikmati praktisnya aplikasi Halodoc! Download segera di Google Play atau App Store.