24 November 2017

Masuk Trimester Ketiga Kenali Tanda-tanda Akan Melahirkan

Masuk Trimester Ketiga Kenali Tanda-tanda Akan Melahirkan

Halodoc, Jakarta – Memasuki trimester ketiga, ibu pasti sudah deg-degan menunggu kapan saatnya  melahirkan tiba. Beberapa minggu sampai beberapa hari sebelum melahirkan, akan terjadi beberapa perubahan pada fisik dan emosional ibu. Perubahan tersebut dapat menjadi pertanda bahwa waktu persalinan sudah semakin mendekat.

Pada trimester ketiga, ibu dapat memperkirakan waktu persalinan dengan memerhatikan tanda-tandanya akan segera melahirkan. Tanda-tanda tersebut meliputi perubahan yang terjadi pada fisik dan emosi ibu, yang biasanya terjadi beberapa minggu sebelum persalinan. Agar ibu siap menghadapi persalinan, yuk, perhatikan tanda-tanda berikut ini, ya:

Sering Buang Air Kecil

Beberapa minggu sebelum persalinan, bayi akan turun ke bagian panggul ibu, yang dikenal juga sebagai “pengenduran”. Kondisi ini akan membuat ibu lebih mudah bernapas, karena tekanan pada diafragma berkurang. Tapi, ibu jadi akan sering ingin buang air kecil, karena rahim lebih sering bersandar kepada kandung kemih.

  1. Keluar Lendir dengan Bercak Darah dari Miss V

Selama hamil, terdapat lendir kental yang menutupi leher rahim ibu. Menjelang persalinan, leher rahim akan melebar dan membuat lendir itu keluar melalui Miss V. Lendir tersebut bisa berwarna bening, merah muda, atau ada bercak darah. Keluarnya lendir bisa menjadi pertanda bahwa ibu akan segera melahirkan. Namun, lendir yang serupa juga bisa muncul saat ibu berhubungan intim pada masa kehamilan atau melakukan pemeriksaan Miss V. 

  1. Sakit Punggung atau Kram

Ibu akan merasakan nyeri pada punggung karena beban perut yang bertambah, serta peregangan pada otot dan sendi sebagai persiapan melahirkan. Ibu juga akan merasakan kram atau sakit pada perut seperti tanda-tanda pre-menstruasi.

  1. Kontraksi Palsu

Tanda persalinan lainnya adalah ibu akan merasakan sakit perut yang mirip seperti kontraksi saat akan melahirkan. Kontraksi itu disebut juga kontraksi palsu atau Braxton Hicks. Kontraksi palsu tidak sesakit kontraksi yang sesungguhnya dan hanya berlangsung sekitar 30-120 detik. Ketika ibu menenangkan diri atau berganti posisi duduk, kontraksi ini akan menghilang dengan sendirinya. Ibu bisa membedakan kontraksi palsu dengan kontraksi sungguhan dengan memerhatikan letak rasa sakitnya. Jika ibu merasa sakit di daerah perut atau panggul, biasanya itu adalah kontraksi palsu. Tapi jika rasa sakitnya terjadi di bagian bawah punggung, kemudian pindah ke bagian depan perut, maka itu adalah kontraksi yang sesungguhnya.

  1. Terbukanya Serviks

Sebagai persiapan melahirkan, jaringan serviks akan menjadi elastis dan terbuka selebar beberapa sentimeter. Bagi ibu yang sudah pernah melahirkan, serviks akan lebih mudah melebar sekitar satu sampai dua sentimeter. Tapi bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan, serviks yang membuka sebesar satu sentimeter belum bisa menjamin ibu akan segera melahirkan. Serviks tidak akan membuka sepenuhnya dengan cepat jika tidak diikuti kontraksi rahim yang teratur. 

  1. Air Ketuban Pecah

Jika air ketuban sudah pecah, itu berarti ibu akan segera melahirkan. Biasanya wanita akan mengalami kontraksi dulu sebelum air ketuban pecah. Tapi ada juga yang mengalami pecah ketuban terlebih dahulu. Ketika air ketuban ibu sudah pecah, segeralah pergi ke rumah sakit. Karena air ketuban adalah cairan yang melindungi bayi dari kuman. Jika cairan tersebut habis, maka bayi akan lebih mudah terkena infeksi.

Sedangkan perubahan emosi yang terjadi pada ibu yang akan segera melahirkan adalah ibu jadi lebih mudah marah dan suasana hati berubah-ubah. Mengetahui tanda-tanda melahirkan penting bagi ibu yang memilih untuk melahirkan secara normal. Ibu juga dapat menyiapkan diri untuk melahirkan jika sudah tahu tanda-tandanya.

Ibu hamil juga bisa membicarakan tentang kondisi kesehatannya kepada dokter, tanpa perlu keluar rumah, melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan chat untuk berdiskusi dan meminta saran kesehatan kapan saja. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.