07 August 2018

Mau Jadi Vegetarian? Ini Hal yang Perlu Dipertimbangkan

tips menjadi vegetarian, pola makan vegetarian, hidup sehat dengan vegetarian, tips beradaptasi menjadi vegetarian,vegetarian

Halodoc, Jakarta – Pola makan vegetarian bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk menjalani hidup sehat. Vegetarian sendiri adalah pola makan sehat dengan menghindari makanan yang berasal dari daging-dagingan.

Baca juga: 6 Manfaat Menjadi Vegetarian

Banyak manfaat yang akan kamu rasakan setelah kamu memilih menjalankan hidup sehat dengan pola makan vegetarian. Dengan memutuskan untuk menjadi vegetarian, tentu kamu akan lebih banyak mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan, misalnya sayuran dan buah-buahan.

Dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, kamu akan mendapatkan kesehatan kulit yang cukup baik. Kamu bisa terhindar dari penyakit kulit. Tidak hanya itu, terlalu banyak mengonsumsi daging nyatanya mampu meningkatkan berat badan seseorang secara drastis. Dengan memilih menjadi seorang vegetarian berat badan kamu akan lebih terjaga. Selain itu, kadar kolesterol dalam tubuh kamu akan lebih stabil.

Namun terkadang, saat menjalani pola makan sebagai seorang vegetarian, beberapa orang mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan pola makan ini. Berikut adalah hal yang perlu kamu pertimbangkan saat kamu mencoba untuk menjadi seorang vegetarian:

1. Mulai Secara Perlahan

Kamu bisa mulai secara perlahan untuk menjadi seorang vegetarian. Kamu bisa mulai melatih diri kamu selama satu hingga dua hari dengan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan. Lihat bagaimana reaksi tubuh kamu. Jika kamu merasa nyaman, kamu boleh melanjutkan pola makan vegetarian. Jika tubuh kamu mengalami reaksi yang berlebihan atau membuat kamu sakit, sebaiknya pikirkan lagi untuk menjadi seorang vegetarian.

2. Pilih Menu Makan yang Menarik

Meskipun saat menjadi vegetarian kamu tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, sebaiknya kamu selalu pilih menu makanan yang menarik untuk kamu makan. Ketika kamu memilih menu makanan, kamu tidak hanya memilih makanan yang menarik saja. Kamu harus memikirkan nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Tidak mengonsumsi daging hewan, artinya kamu tidak mendapatkan asupan protein hewani. Untuk memenuhi kebutuhan protein, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai. Kamu bisa mengonsumsi tempe, tahu, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Tidak hanya itu, sayuran yang berwarna hijau juga akan memenuhi kebutuhan protein kamu. Buatlah menu yang menarik dan inovatif setiap harinya agar pola makan vegetarian kamu tidak membosankan.

3. Jangan Takut untuk Mencoba

Jika sudah memilih untuk menjalani gaya hidup vegetarian, sebaiknya jangan takut mencoba. Kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi sayuran atau buah-buahan yang sebelumnya tidak pernah kamu coba.

4. Konsultasikan pada Dokter

Bagi yang ingin menerapkan pola hidup vegetarian, ada baiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Selain itu, ketersediaan makanan untuk seorang vegetarian saat ini masih cukup sulit untuk ditemui. Sebab, masih sedikit orang yang menjalani gaya hidup vegetarian.

Dengan berkonsultasi pada dokter, kamu juga akan lebih memahami kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan. Tidak hanya nutrisi yang dibutuhkan, cara pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan juga akan lebih mudah kamu dapatkan informasinya.

Baca juga: Tips Menu Diet Vegetarian

Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya lebih lanjut untuk menjalani kehidupan sebagai vegetarian. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membeli vitamin yang akan membantu kamu menjaga kesehatan kamu melalui Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!