Mau Terhindar dari Bidai Tulang Kering? Begini Tips Sederhananya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Mau Terhindar dari Bidai Tulang Kering? Begini Tips Sederhananya

Halodoc, Jakarta – Bidai tulang kering adalah penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri di sepanjang tulang kering atau tibia. Kondisi ini sering terjadi pada orang yang berolahraga terlalu keras, menyebabkan tulang kering dan jaringan ikat mendapatkan tekanan berulang hingga mengalami kerusakan. Bidai tulang kering bukan kondisi serius karena bisa pulih dalam beberapa waktu.

Baca Juga: Awas, Olahraga Ini Rentan Sebabkan Bidai Tulang Kering

Pengidap bidai tulang kering mengalami nyeri dan pembengkakan di tulang kering. Nyeri cenderung bertambah parah saat beraktivitas, seperti saat menaiki tangga. Penyebabnya adalah berat badan berlebih, jaringan kaki yang lemah, memakai sepatu yang tidak sesuai ukuran kaki, jarang berolahraga, dan berlari di permukaan keras atau tidak rata.

Cara Mencegah Bidai Tulang Kering

Ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya bidai tulang kering, antara lain:

1. Pemanasan Sebelum Berolahraga

Pemanasan bukan sekadar gerakan fisik yang dilakukan sebelum olahraga. Pemanasan berperan penting dalam mencegah terjadinya cedera saat olahraga, salah satunya bidai tulang kering. Pemanasan sebelum olahraga, setidaknya 15-20 menit, bermanfaat untuk menyiapkan tubuh berolahraga dengan meningkatkan denyut jantung secara perlahan. Hal ini memungkinkan darah kaya oksigen dan nutrisi mengalir lancar ke seluruh tubuh secara optimal.

2. Gunakan Sepatu Olahraga yang Tepat

Sepatu olahraga tidak boleh asal pakai, harus disesuaikan dengan ukuran dan jenis olahraga yang dilakukan. Sebaiknya pilih sepatu olahraga sesuai ukuran dengan sol atau bantalan yang mendukung bentuk kaki. Gunakan penyangga telapak kaki agar kamu bisa berolahraga dengan nyaman, terlebih jika memiliki telapak kaki datar.

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Gejala dari Bidai Tulang Kering

3. Tingkatkan Kadar Latihan Secara Perlahan

Lakukan olahraga secara bertahap, mulai dari intensitas ringan seperti berjalan kaki, lari, dan bersepeda. Durasinya cukup 15-30 menit per hari. Bila tubuh sudah terbiasa melakukannya, kamu bisa meningkatkan intensitas olahraga yang dilakukan. Mulai dari durasi hingga jenis olahraga yang dilakukan. Sebisa mungkin kamu berolahraga di permukaan tanah yang datar dan lembut.

4. Lakukan Latihan untuk Memperkuat Kaki

Bidai tulang kering tak jarang disebabkan karena kekuatan otot kaki yang lemah. Maka itu, salah satu cara mencegahnya adalah dengan melatih kekuatan dan kestabilan kaki. Misalnya dengan olahraga lompat tali dan squat jumps.

5. Turunkan Berat Badan

Berat badan berlebih memberikan tekanan yang lebih banyak pada tulang. Bila tidak diimbangi dengan kekuatan otot kaki yang prima, kelebihan berat badan (overweight atau obesitas) berpotensi menyebabkan cedera atau bidai tulang kering. Hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah rutin berolahraga dan konsumsi makanan bergizi seimbang.

Baca Juga: Begini Penanganan yang Tepat Saat Kena Bidai Tulang Kering

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah bidai tulang kering. Kalau kamu punya keluhan pada sendi dan tulang, jangan ragu berbicara pada dokter Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!