• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mendidik Anak Menjadi Percaya Diri, Ikuti 7 Trik Ini

Mendidik Anak Menjadi Percaya Diri, Ikuti 7 Trik Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mendidik Anak Menjadi Percaya Diri, Ikuti 7 Trik Ini

Halodoc, Jakarta - Memiliki rasa percaya diri sangat penting. Tanpa hal itu, seseorang bisa jadi sosok yang mudah minder dan takut, ketika mencoba sesuatu. Itulah sebabnya, mendidik anak menjadi percaya diri adalah hal yang perlu dilakukan orangtua. Namun, bagaimana melakukannya?

Cara Mendidik Anak Menjadi Percaya Diri

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan orangtua, sebagai upaya mendidik anak menjadi percaya diri. Berikut di antaranya:

1.Jalin Komunikasi yang Lancar dengan Anak

Anak mungkin akan merasa bingung, takut, dan penasaran akan banyak hal yang baru mereka ketahui. Jadilah orangtua yang bisa selalu jadi tempat untuk mereka bertanya dan bergantung. Caranya dengan menjalin komunikasi yang lancar dengan anak. 

Buatlah mereka percaya dan nyaman, minta mereka untuk selalu bertanya pada orangtuanya, setiap penasaran akan sesuatu. Dengan begitu, anak akan jadi percaya diri dalam mengeksplorasi banyak hal, karena merasa punya orangtua yang selalu ada di sisinya. 

Baca juga: Trik Menemukan Bakat dalam Diri Si Kecil

2.Cari Tahu Minat dan Bakat Anak

Setiap anak punya minat dan bakatnya masing-masing. Jika anak tampak minder akan suatu hal yang dikuasai temannya, ajaklah ia untuk mencari tahu hal apa yang ia suka dan kuasai. Ketika sudah menemukannya, dukunglah ia untuk menekuni hal itu, selama positif, sehingga rasa percaya dirinya bisa terbangun.

3.Ajarkan untuk Tetap Fokus

Seiring berjalannya waktu, anak tentu akan berhadapan pada banyak realita dan kegagalan. Beritahu mereka bahwa itu adalah hal yang biasa. Semangati ia untuk tetap fokus pada bakat dan tujuannya. Jangan lupa beri ia pujian ketika ia sudah melakukan usaha terbaik untuk segala sesuatu. 

4.Dampingi Anak dalam Meraih Cita-Cita

Setelah menemukan minat dan bakat anak, orangtua juga bisa mulai memberi gambaran realistis tentang diri anak dan kemampuannya. Lalu, tawarkan beberapa tujuan atau cita-cita dan biarkan anak memilihnya. Setelah itu, beri pemahaman bahwa cita-cita tersebut perlu dicapai dengan kerja keras. Jadi, terus dampingi ia dalam proses meraih cita-citanya.

Baca juga: Usia yang Tepat untuk Mulai Pendidikan Seks pada Anak

5.Ajak Anak untuk Hidup Seimbang

Belajar dan berusaha keras meraih cita-cita adalah hal yang wajib. Namun, penting bagi orangtua untuk mengajak anak hidup seimbang. Dalam hal ini, maksudnya adalah seimbang dalam hal belajar dan bersenang-senang. Dengan begitu, anak tidak terbebani dengan tanggung jawab belajar yang rentan memicu stres. Jadi, biarkan anak melakukan hobinya selama tidak berlebihan. 

6.Ajarkan Anak tentang Tanggung Jawab

Sedini mungkin, ajari anak tentang tanggung jawab. Misalnya, mengajak anak terlibat dalam kesibukan orangtua. Dengan begitu, anak jadi paham mengapa mereka perlu berusaha, melakukan pekerjaan, dan mencari nafkah. Mereka akan memiliki pandangan yang berbeda tentang kehidupan. Cara ini akan memberitahu anak bahwa mereka mampu dalam banyak hal, yang membangun karakter dan membantu membangun kepercayaan dirinya.

Baca juga: Hubungan Ayah dan Anak Renggang, Ibu Lakukan Ini

7.Ajak Anak Melakukan Aktivitas Fisik

Pikiran yang sehat sejalan dengan tubuh yang kuat. Untuk mendapatkan tubuh yang kuat dan sehat, ibu dapat mengajak anak untuk berolahraga atau aktivitas fisik lainnya. Selain bermanfaat bagi kesehatan fisiknya, hal ini juga baik bagi kesehatan otaknya. Sesekali, ajak anak berolahraga dilakukan di tempat umum, agar ia dapat meningkatkan keterampilan sosialnya dan melatih rasa percaya dirinya.

Itulah beberapa trik untuk mendidik anak agar menjadi percaya diri. Jika ibu butuh saran pengasuhan lainnya, download saja aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan psikolog, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. 12 Ways to Raise a Competent, Confident Child with Grit.
Child Mind Institute. Diakses pada 2020. 12 Tips for Raising Confident Kids.