27 August 2018

Menekuk Kaki Setelah Olahraga Bisa Kena Varises?

varises kaki

Halodoc, Jakarta - Mungkin kamu pernah mendengar saran dari orang lain seperti: “Jangan nekuk kaki setelah olahraga, nanti varises”. Nah, banyak orang percaya bahwa menekuk kaki setelah berolahraga bisa menyebabkan varises kaki. Pertanyaannya, apakah fakta seperti itu?

Sebelumnya, varises sendiri merupakan kondisi membengkak dan melebarnya pembuluh darah vena yang umumnya terjadi di bagian kaki karena penumpukan darah. Kata ahli, pembuluh vena dapat terlihat menonjol dan berwarna biru atau ungu tua pada orang yang mengidap penyakit ini. Dalam beberapa kasus, bentuknya bisa menyerupai simpul atau tali berpilin.

Baca juga: Demi Kaki Mulus, Ikuti 6 Cara Cegah Varises

Menurut ahli, varises yang bisa terjadi di berbagai lokasi tubuh ini umumnya lebih banyak dialami wanita ketimbang pria. Ketika seseorang mengidap kondisi ini, mereka akan merasakan rasa tidak nyaman, kaki terasa berat, perubahan warna kulit kaki, hingga rasa kram pada otot kaki.

Kenali Penyebabnya

Varises kaki yang kebanyakan terjadi di bagian betis ini bisa disebabkan karena tekanan yang besar saat dirimu berdiri atau berjalan. Kata ahli, penumpukan darah di dalam vena ini juga terjadi akibat melemahnya atau rusaknya katup vena. Padahal, pembuluh vena ini berfungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung.

Nah, di dalam pembuluh vena ini ada katup yang fungsinya sebagai pintu satu arah agar darah yang sudah melewatinya tak kembali lagi. Namun, karena lemah atau rusaknya katup vena ini, bisa membuat terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Nah, penumpukan inilah yang ujung-ujungnya bisa menyebabkan pembuluh tersebut melebar.

Lalu, seperti apa sih gejala varises itu sendiri?

- Berubahnya warna vena menjadi biru atau ungu tua, terpilin yang tampak bengkak.

- Rasa nyeri bila duduk atau berdiri terlalu lama.

- Kulit menjadi kering, gatal, menjadi lebih tipis.

- Dalam beberapa kasus bisa berupa infeksi jaringan lunak (selulitis) di dekat mata kaki.

- Vena terlihat menonjol dan bengkak di sepanjang paha, mata kaki, atau lutut.

Nah, kembali ke masalah di atas, benarkah menekuk kaki setelah berolahraga bisa menyebabkan varises kaki?

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Varises Saat Hamil

Menekuk Kaki Sebabkan Varises?

Sebenarnya sih, mengapa kaki perlu diluruskan atau diselonjorkan pascaolahraga bukan karena bisa menyebabkan varises. Kata ahli, saran atau posisi tersebut merupakan fase pendinginan agar dirimu tak mengalami nyeri atau kram setelah berolahraga. Singkat kata, jadi meluruskan kaki setelah berolahraga enggak berhubungan secara langsung dengan timbulnya varises kaki.

Meski begitu, bukan berarti kamu boleh abai mengenai varises dan olahraga. Pasalnya, menurut dokter spesialis kedokteran olahraga, olahraga yang terlalu berat dan berlebihan bisa menyebabkan varises, termasuk varises kaki, lho. Kok bisa?

Baca juga: Harus Tahu Pentingnya Pemanasan dan Pendiginan dalam Olahraga

Kata ahli, aktivitas atau olahraga yang berat ini bisa meningkatkan suplai darah ke pembuluh darah vena. Sedangkan varises sendiri diakibatkan oleh inkompetensi vena itu sendiri. Nah, hal ini yang nantinya bisa menyebabkan vena tak bisa mengalirkan darah kembali ke jantung sehingga pembuluh darah mengalami penumpukan, melebar, dan membesar. Olahraga berat di sini bisa contohnya bisa berupa, angkat barbel, tarik tambang, atau olahraga yang membutuhkan kekuatan dorongan.

Nah, agar olahraga tak menyebabkan varises, cobalah untuk mengimbangi olahraga yang terbilang berat dengan olahraga yang lebih ringan. Seperti aerobik atau jogging, misalnya.

Awasi Faktor Risikonya

Setidaknya ada beberapa faktor risiko varises yang perlu kamu waspadai. Berikut penjelasannya.

- Duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

- Terlalu sering menggunakan sepatu high heels.

- Wanita yang mengalami perubahan hormonal akibat hamil atau menopause.

- Memiliki keluarga yang mengidap varises.

- Obesitas.

- Kurang berolahraga.

- Kolesterol tinggi.

Punya masalah dengan varises atau varises kaki? Kamu bisa lo bertanya langsung pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!