• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Menerapkan Pola Hidup Bersih Bisa Mencegah Kutil

Menerapkan Pola Hidup Bersih Bisa Mencegah Kutil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Menerapkan Pola Hidup Bersih Bisa Mencegah Kutil

Halodoc, Jakarta - Saat tidak sengaja menyentuh bagian tubuh yang jarang terjamah, tiba-tiba kamu merasakan ada tonjolan pada area kulit tersebut. Salah satu masalah yang dapat menjadi penyebab hal ini adalah kutil. Gangguan ini tergolong tumor jinak dan penyebaran ke area kulit sekitarnya dapat terjadi dengan cepat, sehingga perlu dilakukan pencegahan sebelum menyerang. Salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup bersih. Berikut langkahnya!

Pencegahan Kutil Melalui Pola Hidup Bersih

Kutil adalah gangguan tumor jinak yang dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak sedap dipandang. Gangguan ini biasanya timbul sebagai pengerasan pada kulit atau pertumbuhan kecil yang menyerupai kembang kol dengan ukuran, warna, dan bentuk yang berbeda-beda. Kutil dapat disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV). Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga dapat terserang penyakit ini.

Baca juga: Kutil di Leher Muncul karena Hormon atau Penyakit?

Kutil dapat terjadi saat virus bersentuhan dengan kulit sehingga menyebabkan infeksi. Penyakit ini lebih berisiko terjadi pada kulit yang rusak, seperti kuku yang terkelupas atau kulit yang terluka, karena virus dapat memasuki lapisan atas kulit melalui jalur tersebut. Maka dari itu, penting bagi semua orang untuk mengetahui beberapa cara yang ampuh untuk mencegah penularan kutil dengan penerapan pola hidup sehat.

Berikut ini beberapa pola hidup sehat yang dapat diaplikasikan:

1. Pastikan Kamar Mandi Bersih dan Kering

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kutil adalah dengan selalu menjaga kamar mandi agar senantiasa bersih dan kering. Hal ini dapat mencegah virus HPV penyebab dari kutil karena rentan terjadi pada area yang lembap. Maka dari itu, pastikan kamar mandi untuk tetap kering dan bersihkan secara teratur dengan pancuran untuk menghindari gangguan pada kulit ini.

2. Ganti Kaus Kaki secara Teratur

Hal lainnya yang perlu diperhatikan agar terhindar dari kutil adalah rutin mengganti kaus kaki. Keringat yang menempel di kaus kaki dapat menimbulkan kelembapan yang menjadi tempat ideal bagi virus HPV. Jika kegiatan kamu terbilang padat sepanjang hari, ada baiknya membawa kaus kaki cadangan untuk menggantinya saat dirasa lembap. Bukan hanya kutil, menjaga kaki tetap kering juga dapat mencegah penyakit kulit lainnya.

Baca juga: 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengobati Kutil

3. Rutin Memotong Kuku

Pastikan juga untuk rutin menggunting kuku untuk menjaga kebersihan serta menghindari kebiasaan menggigit area tersebut. Saat menggigit kuku dan mengunyah kutikula, luka dan robekan dapat terjadi di kulit serta ukurannya terlalu kecil untuk dilihat. Luka ini dapat memudahkan HPV untuk masuk ke dalam tubuh dan menyebarkan infeksi.

4. Mendapatkan Vaksin HPV

Setiap orangtua juga wajib memastikan anak-anaknya untuk mendapatkan vaksin HPV. Vaksin ini dapat melindungi tubuh dari kutil pada kelamin dan berbagai jenis kanker yang dapat berkembang pada area genital. Vaksin ini dapat melindungi lebih baik saat penerimanya belum terpapar virus HPV. Maka dari itu, paling baik untuk memberikan cara pencegahan kutil ini saat masih anak-anak.

Sekarang kamu tahu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kutil pada tubuh. Sangat penting untuk menjaga pola hidup bersih dan mendapatkan vaksinasi dengan waktu yang tepat. Dengan menjaga kebersihan, kamu juga dapat menghindari banyak masalah kulit lainnya yang mungkin terjadi.

Baca juga: Benarkah Kutil Bisa Hilang dengan Sendirinya?

Kamu juga dapat melakukan pemeriksaan rutin terkait kesehatan kulit pada beberapa rumah sakit yang berafiliasi dengan Halodoc. Cara pemesanannya mudah sekali, kamu cukup menentukan waktu pemeriksaan dan pilih rumah sakit yang dikehendaki, lalu tinggal tekan tombol “pesan”. Nikmati kemudahan dalam akses kesehatan ini dengan download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2021. How to Heal Warts More Quickly and Prevent New Ones.
Web MD. Diakses pada 2021. Warts: 10 Answers to Frequently Asked Questions.