11 February 2018

Mengajarkan Pendidikan Seks Pada Anak Sejak Dini

Mengajarkan Pendidikan Seks Pada Anak Sejak Dini

Halodoc, Jakarta — Saat si kecil bertanya pada ibu, ‘dari mana bayi datang?’, kebanyakan seorang ibu mungkin bingung bagaimana menjawabnya karena tentulah jawabannya tersebut berhubungan dengan seks. Membicarakan atau mengajari seks pada anak memang tidak mudah, tapi penting dilakukan agar mereka tidak menerima informasi yang salah dari orang lain. Pentingnya mengajari pendidikan seks pada anak juga dapat membantu melindunginya dari kejahatan seksual.

 

Ketika pertanyaan seperti di atas muncul dari anak, hindari menjawab dengan kebohongan. Meskipun sang buah hati masih terlalu kecil untuk mengerti, namun jawablah dengan fakta yang akurat menggunakan kalimat yang mudah dimengerti. Contohnya: nak, bayi tidak itu tumbuh di perut ibu, tapi di tempat khusus di dalam perut Ibu. Namanya rahim.

 

Gunakan pembicaraan ini sebagai kesempatan untuk menanamkan nilai sebuah keluarga pada anak. Misalnya, katakan, ‘Hamil itu membahagiakan kalau kamu sudah siap menjaga bayi.’

 

Buatlah penjelasan sesederhana mungkin yang bisa dipahami oleh sang buah hati. Karena si kecil belum mengerti jika kita memberikan penjelasan mengenai ovulasi.  Merekapun akan takjub saat tahu bahwa perempuan memiliki telur-telur kecil di dalam tubuh mereka yang bisa membuat bayi.

 

Jangan takut untuk mengakui saat Ibu tidak tahu jawaban dari pertanyaan anak. Berikan jawaban pada si kecil bahwa ibu senang dia berani bertanya, tetapi ibu masih belum tahu jawabannya. Kalau ibu menjanjikan sebuah jawaban setelah mencari tahu lebih dulu, pastikan ibu benar-benar tepati memberikan jawabannya nanti. Lebih baik lagi, jika ibu dan sang anak bisa mencari tahu jawabannya bersama.

 

Pendidikan mengenai seks sendiri lebih baik dilakukan oleh kedua orang tua, bukan hanya salah satu. Baik ibu maupun ayah sebaiknya ambil andil aktif dalam pembicaraan tersebut. Hal ini akan membuat anak merasa nyaman dan merasa bahwa dia bisa terbuka dengan orang tuanya.

 

Mengajari seks pada anak juga bisa dilakukan dengan menanyakan pada berbagai dokter ahli yang terdapat di aplikasi Halodoc melalui voice/video call dan chat. Kamu juga bisa beli vitamin/obat untuk anak kamu di Halodoc lho!. Cek lab pun bisa dilakukan hanya di rumah. Ayo, unduh aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play.