Mengalami 6 Hal Ini, Artinya Sudah Saatnya Potong Rambut

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tanda harus potong rambut, potong rambut, menjaga rambut sehat

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang ingin memanjangkan rambut, tapi mengalami beberapa kondisi yang bakal diuraikan di bawah ini. Mungkin sudah saatnya kamu harus potong rambut. Menurut penelitian dari ResearchGate, memotong rambut identik dengan menciptakan mood yang positif kepada diri sendiri dan memberikan nuansa baru supaya lebih ceria.

Lebih lanjut, penelitian ini juga menunjukkan mereka yang berprofesi sebagai pemangkas rambut cenderung bisa membaca kondisi psikis seseorang dari rambutnya. Seseorang yang stres bisa memberikan dampak ke rambutnya. Bisa jadi lepek, berminyak, atau bahkan rontok. Nah, supaya lebih jelasnya lagi, berikut adalah tanda yang menunjukkan kalau kamu harus potong rambut.

  1. Ujung-ujung Rambut Pecah-pecah dan Kering

Kalau kamu mengalami ujung rambut kering dan pecah-pecah, itu menandakan kalau kamu harus segera potong rambut. Memotong ujung-ujung rambut dapat merangsang pertumbuhan ujung rambut lebih sehat.

  1. Rambut Mencuat-cuat

Kondisi rambut mencuat-cuat tidak hanya membuat penampilanmu berantakan, tetapi juga tidak sehat untuk pertumbuhan rambutmu. Ketika mengetahui rambutmu sudah tidak sehat, ada baiknya memotongnya terlebih dahulu untuk menghilangkan rambut tidak sehatnya. Ketika tumbuh kembali, kamu akan memiliki  rambut yang lebih sehat.

  1. Rambut Kurang Bervolume

Pernah mengalami rambut kurang bervolume? Sudah diberi vitamin dan melakukan creambath, tapi kok tetap lemas ya? Bisa jadi ini adalah tanda harus potong rambut. Dengan memotong rambut kamu bisa merangsang pertumbuhan rambut dan penampilan kamu akan menjadi lebih baik. Pastinya, rambut kamu bisa menjadi lebih sehat dan tampak tebal.

  1. Rambut Keriwil dan Susah Diatur

Tanda lainnya kalau kamu harus potong rambut adalah rambut keriwil dan susah diatur. Terlebih lagi jika rambut kamu sudah terlalu panjang dan susah diatur. Sebaiknya kamu potong rambut kamu dan mulai lagi menata rambut supaya lebih rapi. Baca juga: 5 Dampak Sering Mencatok Rambut

  1. Rambut Rontok

Rambut rontok adalah hal yang wajar dan bisa dialami oleh siapa pun. Bila setelah perawatan intens rambutmu masih tetap rontok, kemungkinan akar rambutmu terlalu lemah dan tidak cukup kuat untuk menahan beban rambutmu. Memotong sebagian rambut baru memberikan perawatan intens, sehingga bisa mempersingkat proses pemulihan rambutmu. Hal tersebut akan lebih efektif dibandingkan dengan pemberian nutrisi di saat kondisinya yang parah seperti ini.

  1. Butuh Penyegaran Diri

Seperti yang diungkapkan dalam penelitian ResearchGate, orang-orang biasanya memotong rambut untuk memperbaiki suasana hati dan menciptakan aura positif di dalam dirinya. Kalau memang dengan memotong rambut bisa membuatmu lebih baik, kenapa nggak? Baca juga: Inilah Alasan dan Waktu yang Tepat untuk Mencuci Rambut

Untuk menjaga kesehatan rambut, kamu nggak perlu biaya mahal dengan ritual yang ribet. Ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk membuat rambut sehat.

  • Menyisir rambut saat rambut dalam kondisi setengah kering dapat membuat penampilan rambutmu lebih sehat tanpa mengganggu pertumbuhan akar rambutnya.
  • Aplikasikan vitamin rambut saat rambut masih basah dan usapkan dari ujung rambut ke akar rambut untuk hasil yang maksimal.
  • Jangan terlalu sering mengikat rambut yang hanya akan melemahkan akar rambut dan membuatnya melengkung.

 Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai tanda yang menunjukkan kalau sudah saatnya potong rambut atau pun tips menjaga rambut sehat, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.