• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Acne Vulgaris, Jenis dan Cara Tepat Mengatasinya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Acne Vulgaris, Jenis dan Cara Tepat Mengatasinya

Mengenal Acne Vulgaris, Jenis dan Cara Tepat Mengatasinya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Agustus 2022

“Acne vulgaris diklasifikasikan menjadi non-inflamasi dan inflamasi. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan produk yang mengandung Benzoil peroksida, retinoid, atau obat oral, tergantung tingkat keparahannya.”

Mengenal Acne Vulgaris, Jenis dan Cara Tepat MengatasinyaMengenal Acne Vulgaris, Jenis dan Cara Tepat Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Acne vulgaris adalah kondisi kulit ketika folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri, dan minyak alami wajah (sebum). Folikel yang tersumbat menyebabkan noda pada kulit, termasuk jerawat, komedo, dan kista. Kondisi ini sebenarnya dikenal sebagai jerawat biasa. Salah satu penyebab utamanya adalah hormon, terutama di masa pubertas.

Meskipun seringkali dialami pada masa pubertas atau remaja, acne vulgaris juga dapat terjadi pada semua kelompok usia . Pada banyak kasus acne vulgaris dapat bertahan hingga dewasa. Lantas, apa saja jenis dan cara tepat mengatasinya?

Jenis-jenis Acne Vulgaris

Faktor utama terjadinya acne vulgaris yaitu:

  • Produksi sebum berlebih.
  • Penyumbatan folikel oleh sebum dan keratinosit.’
  • Kolonisasi folikel obe Cutibacterium acnes, anaerob normal pada manusia.
  • Pelepasan beberapa mediator inflamasi.

Acne vulgaris diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Non-inflamasi, Ditandai dengan Komedo

Komedo adalah sumbatan sebaceous di dalam folikel. Sumbatan dapat terbuka atau tertutup, tergantung folikel melebar atau tertutup di permukaan kulit. Sumbatan mudah dikeluarkan dari komedo terbuka, tapi lebih sulit dihilangkan dari komedo tertutup. Komedo tertutup adalah jenis jerawat inflamasi. 

  1. Inflamasi

Jenis jerawat vulgaris ini ditandai dengan papula dan pustula, serta nodul dan kista. Papula dan pustula terjadi ketika jerawat bereplikasi pada komedo tertutup, kemudian memecah sebum menjadi asam lemak bebas yang mengiritasi epitel folikel, dan menimbulkan respon inflamasi oleh neutrofil dan limfosit, yang selanjutnya mengganggu epitel.

Folikel yang meradang pecah ke dalam dermis (terkadang dipicu oleh gosokan yang keras), di mana kandungan komedo menimbulkan reaksi inflamasi lokal lebih lanjut, sehingga menghasilkan papula. Jika peradangannya hebat, pustula yang sangat bernanah dapat terjadi.

Sementara itu, nodul dan kista adalah manifestasi lain dari peradangan jerawat. Nodul Adalah lesi yang lebih dalam yang mungkin melibatkan lebih dari 1 folikel, dan kista adalah nodul besar yang berfluktuasi.

Cara Tepat Mengatasi Acne Vulgaris

Jika kamu datang ke dokter kulit, mereka akan menyarankan satu atau kombinasi perawatan, tergantung pada tingkat keparahan jerawat. Jika kamu memiliki jerawat vulgaris dalam kadar ringan, mungkin dapat diobati dengan obat topikal bebas resp dalam bentuk krim, gel, dan sabun cuci yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. 

Benzoil peroksida menargetkan bakteri penyebab jerawat dan dapat ditemukan dalam produk jerawat yang dijual bebas (OTC). Sedangkan asam salisilat bekerja dengan meredakan peradangan dan membuka pori-pori tersumbat. 

Kamu juga dapat menggunakan retinoid bebas resep maupun dengan resep. Obat ini dapat membantu memecah komedo putih dan komedo hitam. Selain itu retinoid dapat mencegah pori-pori tersumbat. 

Apabila kamu memiliki jerawat vulgaris dengan tingkat keparahan sedang, biasanya diobati dengan antibiotik oral. Dokter kulit mungkin juga merekomendasikan untuk menggunakan pengobatan topikal selama sekitar 12 minggu, kemudian menghentikan pengobatan oral untuk melihat apakah jerawat dapat dikenali dan hanya dengan obat topikal.

Sedangkan pada jerawat parah perlu diobati dengan antibiotik dan obat topikal. Jika obat-obatan tersebut tidak berhasil mengobati jerawat, dokter mungkin menyarankan obat oral Zenatane (isotretinoin). Namun perlu diketahui, obat tersebut dapat menyebabkan cacat lahir. Wanita yang mengkonsumsinya harus mencegah kehamilan dengan alat kontrasepsi.Efek samping serius lainnya dari obat juga dapat terjadi, seperti depresi, dan sakit perut parah.

Jika kamu memiliki jerawat yang mengganggu sebaiknya tanyakan pada dokter kulit di aplikasi Halodoc. Dengan begitu kamu akan mendapatkan saran perawatan yang tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2022. An Overview of Acne Vulgaris
MSD Manual. Diakses pada 2022. Acne Vulgaris