• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal seputar Hari Korps Cacat Veteran Indonesia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal seputar Hari Korps Cacat Veteran Indonesia

Mengenal seputar Hari Korps Cacat Veteran Indonesia

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Mei 2022

“Sudah sepatutnya masyarakat menghargai para pejuangnya dengan memberikan perhatian. Khususnya para veteran yang mengalami cacat akibat perjuangan dalam mempertahankan kedaulatan NKRI sekaligus perdamaian di dunia.”

Mengenal seputar Hari Korps Cacat Veteran Indonesia

Halodoc, Jakarta – Tak banyak yang tahu kalau setiap tanggal 19 Mei diperingati sebagai hari Korps Cacat Veteran Republik Indonesia atau KCVRI. KCVRI sendiri merupakan anak organisasi Legiun Veteran Republik Indonesia, yakni himpunan yang beranggotakan pejuang kemerdekaan dan pembela kedaulatan Indonesia. Semula, namanya adalah Ikatan Invaliden Indonesia, didirikan pada 18 Mei 1950. Baru pada kongres tahun 1959 namanya diubah menjadi Korps Cacat Veteran Republik Indonesia

Setiap tahunnya, peringatan tersebut dijadikan sebagai momen penghargaan pemerintah kepada para cacat veteran yang berjasa bagi bangsa Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memperkuat semangat nasionalisme dalam sanubari masing-masing anggota.

Nah, sebagai upaya penghargaan terhadap orang-orang yang berjasa, sebaiknya kamu mengetahui lebih dalam mengenai Hari Korps Cacat Veteran. Yuk, simak informasinya di sini!

Mengenal Lebih Dalam Hari Korps Cacat Veteran Indonesia

Perlu diketahui bahwa Veteran adalah seseorang yang pernah memiliki pengalaman di bidang hukum seperti polisi maupun militer atau tentara. Merujuk pada PP Nomor 67 Tahun 2014, veteran Indonesia merupakan merupakan para warga Indonesia yang pernah bergabung menjadi anggota dari pasukan bersenjata yang dan berperan aktif dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. Pasukan tersebut juga aktif di bawah lembaga PBB yang memiliki fungsi untuk menjalankan sejumlah misi salah satunya adalah untuk aksi perdamaian dunia.

Saat ini, para veteran Indonesia telah memperoleh hak-haknya yang dijamin negara, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia, yang ditindak lanjuti dengan Peraturan Pemerintah Nomor 67 Tahun 2014 serta perubahan-perubahannya. Sebagian isi dari peraturan pelaksana Undang-Undang tersebut mengatur tentang jenis dan hak-hak para veteran.

Sementara itu, jenis veteran di Indonesia ditentukan berdasarkan peristiwa keveteranan. Nah, secara umum, terdapat tiga tingkatan veteran di Indonesia, yaitu:

1. Veteran perang kemerdekaan.

2. Veteran perang untuk mempertahanakan kemerdakaan bangsa dari agresi luar negeri.

3. Veteran perang untuk membela kepentingan bersama bangsa-bangsa yang menjadi sekutunya.

Jenis dan Penggolongan Veteran Berdasarkan Masa Bakti serta Haknya

Selain peristiwa keveteranan, jenis veteran di Indonesia juga dibedakan berdasarkan tingkat jenis serta golongan veteran menurut masa baktinya. Berikut adalah jenis dan penggolongan veteran menurut masa bakti beserta haknya, meliputi: 

1. Veteran Perjuang Kemerdekaan Republik Indonesia

Merupakan veteran yang berjuang pada periode (17 Agsutus 1945 sampai dengan 27 Desember 1949) dengan pembagian golongan, yaitu:

– Golongan A berjuang minimal 4 tahun.

– Golongan B berjuang minimal 3 tahun.

– Golongan C berjuang minimal 2 tahun.

– Golongan D berjuang minimal 1 tahun.

– Golongan E berjuang 6 bulan.

2. Veteran Pembela Trikora

Diberikan untuk para veteran yang berjuang pada periode (19 Desember 1961 sampai dengan 1 Mei 1963) dengan pembagian golongan, yaitu:

– Golongan A berjuang minimal 18 bulan.

– Golongan B berjuang minimal 12 bulan.

– Golongan C berjuang minimal 6 bulan – Golongan D berjuang minimal 3 bulan.

– Golongan E berjuang ≤ 3 bulan.

3. Veteran Pembela Dwikora

Merupakan veteran yang berjuang pada periode (3 Mei 1964 sampai dengan 11 Agustus 1966) dengan pembagian golongan, yaitu:

– Golongan A berjuang minimal 27 bulan.

– Golongan B berjuang minimal 18 bulan 

– Golongan C berjuang minimal 12 bulan.

– Golongan D berjuang minimal 6 bulan.

– Golongan E berjuang minimal 3 bulan.

4. Veteran Pembela Seroja

Adalah mereka yang berjuang pada periode (21 Mei 1975 sampai dengan 17 Juli 1976) dengan pembagian golongan, yaitu:

– Golongan A berjuang minimal 14 bulan.

– Golongan B berjuang minimal 12 bulan.

– Golongan C berjuang minimal 9 bulan.

– Golongan D berjuang minimal 6 bulan.

– Golongan E berjuang minimal 3 bulan.

5. Veteran Perdamaian 

Diberikan berdasarkan mandat dari PBB atas jasanya dalam membantu menegakkan perdamaian dunia.

Itulah penjelasan mengenai Hari Korps Cacat Veteran yang masih minim mendapatkan animo masyarakat. Padahal, sudah sepatutnya masyarakat menghargai para pejuangnya dengan memberikan perhatian. Khususnya para veteran yang mengalami cacat akibat perjuangan dalam mempertahankan kedaulatan NKRI sekaligus perdamaian di dunia.

Jika kamu memiliki kerabat atau anggota keluarga yang menjadi veteran dalam usia tua, pastikan untuk selalu memperhatikannya, ya. Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak dan menemani anggota keluargamu yang tergabung dalam korps cacat veteran untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin.

Agar dapat dilakukan dengan nyaman, kamu bisa membuat janji rumah sakit dengan dokter pilihan anggota keluargamu melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Tirto. Diakses pada 2022. Apa itu Veteran & Sejarah Hari Korps Cacat Veteran Nasional 19 Mei. 
Kemhan RI. Diakses pada 2022. UU-Nomor-15-Tahun-2012-ttg-veteran.
Kemhan RI. Diakses pada 2022. PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 67 TAHUN 2014. 
Medcom. Diakses pada 2022. Jangan Lupakan Veteran.