08 May 2018

Menu Sahur Agar Puasa Si Kecil Lancar

Menu Sahur Agar Puasa Si Kecil Lancar

Halodoc, Jakarta – Selama bulan puasa, sudah menjadi tugas seorang ibu untuk menyiapkan menu sahur untuk seluruh anggota keluarga. Namun, waktu sahur yang singkat terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu. Belum ditambah lagi ibu harus berpikir keras untuk menentukan menu sahur yang tidak hanya lezat, tapi juga sehat dan bergizi, khususnya untuk Si Kecil yang baru mulai belajar berpuasa. Enggak perlu pusing lagi, berikut beberapa pilihan menu sahur yang bisa ibu siapkan untuk Si Kecil agar ia bisa menjalani puasanya dengan maksimal.

1. Nugget Sayur

Sayur-sayuran merupakan makanan sehat yang penting untuk dikonsumsi setiap hari, tidak terkecuali selama bulan puasa. Nah, bila Si Kecil susah makan sayur, ibu bisa mencoba trik yang satu ini, yaitu membuat olahan nugget goreng dengan campuran sayur dan tahu. Ibu bisa menggunakan wortel yang diparut kasar, bayam yang diiris kecil-kecil, dan tahu, kemudian mengolahnya sama seperti membuat nugget. Dijamin anak akan tertarik dengan nugget yang sehat ini dan menyantapnya dengan lahap.

2. Nasi Goreng Omelet Keju

Biar Si Kecil kuat menjalani puasanya, ibu bisa menyajikan menu sahur yang mengandung karbohidrat yang akan membuatnya lebih kenyang, seperti nasi goreng omelete keju. Cara membuatnya juga mudah, yaitu pertama-tama masak dulu omelete hingga matang, lalu sisihkan. Setelah itu, buat nasi goreng dengan cara menumis nasi yang agak kering dengan bumbu-bumbu sampai merata. Kemudian bungkus nasi goreng dengan omelete yang sudah jadi, lalu hiasi dengan parutan keju dan saus.

3. Kwetiau Goreng Ayam Tomat

Selain nasi, ibu bisa menggunakan kwetiau sebagai sumber karbohidrat. Salah satu menu dari kwetiau yang cocok dijadikan sebagai hidangan untuk sahur adalah kwetiau goreng ayam tomat. Cara membuatnya cukup praktis dan bahan-bahan yang diperlukan pun juga tidak terlalu banyak, sehingga ibu tidak perlu waktu lama untuk menyiapkan hidangan ini. Selain itu, menu kwetiau goreng ayam tomat ini memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap dan seimbang, yaitu karbohidrat, protein dan vitamin.

4. Omelet Brokoli dan Keju

Ibu tentunya memiliki persediaan telur di dalam kulkas, kan? Nah, ibu bisa mengkreasikan bahan makanan yang satu ini menjadi hidangan yang sangat lezat. Salah satu contoh kreasi makanan dari telur adalah omelete brokoli dan keju. Cara membuatnya sangat mudah dan praktis, ibu hanya tinggal menambahkan brokoli dan potongan keju ke dalam omelete yang sedang dimasak di dalam wajan. Selain enak, menu sahur ini cukup untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh Si Kecil karena mengandung bahan makanan bernutrisi super seperti telur, brokoli dan keju.

5. Sandwich Sosis dan Telur

Ketika menentukan menu sahur, sebaiknya pilihlah makanan yang praktis untuk dibuat, misalnya seperti sandwich isi sosis dan telur. Bahan-bahan yang ibu perlukan hanya roti tawar, sosis, dan telur. Cara membuatnya juga sangat mudah, oleskan sedikit mentega ke atas dua lembar roti tawar, lalu panggang. Setelah itu, isi satu tangkup roti yang sudah dipanggang tadi dengan telur dan sosis yang sudah digoreng sebelumnya. Ibu juga bisa menambahkan beragam sayuran seperti selada dan tomat agar Si Kecil lebih sehat.

Nah, dengan lima pilihan menu sahur di atas, dijamin Si Kecil akan lebih bersemangat untuk sahur dan ia pun bisa menjalani puasanya dengan lancar (Baca juga: Tips Cerdas Agar Anak Makan dengan Lahap). Ibu juga bisa membeli berbagai suplemen yang baik untuk menjaga kesehatan anak selama puasa di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.