04 June 2018

Meski Mengkhawatirkan Gastroshicis Bisa Disembuhkan

Meski Mengkhawatirkan Gastroshicis Bisa Disembuhkan

Halodoc, Jakarta – Memang sangat mengkhawatirkan saat bayi yang sedang dikandung didiagnosis mengalami gastroschisis. Namun jangan panik, bila ditangani dengan baik, gastroschisis bisa disembuhkan dan hidup layaknya bayi lainnya. Apa sih pengertian gastroschisis?

Gastroschisis adalah cacat lahir pada dinding perut. Ditandai dengan adanya lubang pada dinding perut di dekat pusar, sehingga usus berada di luar tubuh tanpa lapisan pelindung. Sekilas mirip dengan omfalokel, tetapi pada omfalokel usus masih terlindung oleh selaput tipis di luar perut.

Penanganan gastroschisis adalah dengan pembedahan begitu bayi sudah lahir. Operasi ini bertujuan untuk menangani usus dan organ tubuh lainnya yang berada di luar tubuh. Apabila gastroschisis kecil, operasi cukup dilakukan satu kali untuk mengembalikan usus ke dalam perut bayi dan menutup lubang. Namun, jika gastroschisis terlalu besar, operasi dilakukan dalam beberapa bertahap.

Setelah pembedahan berhasil dilakukan, bayi perlu dilindungi dari infeksi dengan infus dan antibiotik. Selain itu, nutrisi penting harus dipenuhi untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Gastroschisis dapat didiagnosis lebih awal. Bila dokter dapat mengidentifikasi gastroschisis sebelum persalinan, dokter akan memeriksa kesehatan bayi secara keseluruhan, memastikan perkembangan bayi, dan mempersiapkan rencana pembedahan begitu bayi dilahirkan. Biasanya proses kelahiran dilakukan lebih cepat beberapa minggu dari kelahiran normal. Selama kehamilan, dokter akan melakukan prenatal ultrasound scanning untuk memeriksa gastroschisis.

Agar terhindar dari risikio gastroschisis, lakukanlah tes rutin selama masa kandungan untuk memeriksa kesehatan bayi dan hindari kehamilan di usia sebelum 20 tahun.

Untuk perawatan bayi dengan gastroschisis, sebaiknya kamu membicarakannya dengan dokter agar mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat. Dengan perawatan yang tepat gastroschisis bisa disembuhkan, sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jika Ibu ingin tahu lebih banyak tentang pengertian gastroschisis, dampak dan gejala, serta perawatannya, yuk download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. Di aplikasi Halodoc ini, ibu bisa bertanya kepada dokter ahli melalui layanan Video/Voice Vall atau Chat. Selain itu, ibu juga bisa melakukan cek lab dan membeli obat atau vitamin tanpa harus keluar rumah. Mudah dan praktis kan?