01 January 2018

Miliki Gigi Sehat dengan Konsumsi 4 Makanan Berikut

Miliki Gigi Sehat dengan Konsumsi 4 Makanan Berikut

Halodoc, Jakarta – Semua orang pasti ingin memiliki gigi sehat dan kuat yang baik bagi kesehatan dan juga untuk menunjang penampilan. Untuk mendapat gigi sehat, perlu dilakukan beberapa perawatan dari luar seperti rajin menggosok gigi atau berkumur dengan cairan penyegar mulut. Namun hal itu tidaklah cukup. Kamu perlu juga melakukan perawatan gigi dari dalam tubuh yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi makanan.

Kaitan Makanan dengan Kesehatan Gigi
Tentunya memilih makanan untuk dikonsumsi sehari-hari harus dilakukan demi menjaga kesehatan seluruh bagian tubuh termasuk gigi. Namun sebenarnya tidak semua makanan baik untuk gigi. Ada beberapa jenis makanan tertentu yang bisa menjadi pemicu kerusakan gigi. Sebaiknya untuk mendapatkan gigi sehat, kamu harus menjauhi makanan dan minuman yang memiliki rasa manis pada saat diantara waktu makan, karena hal tersebut bisa memicu risiko gigi berlubang.

Kerusakan Gigi Akibat Jenis Makanan Tertentu
Salah satu makanan yang sudah diketahui oleh masyarakat luas bisa merusak kesehatan gigi adalah permen. Namun, bukan hanya permen saja yang bisa merusak gigi, makanan dengan kandungan gula yang cukup tinggi juga menjadi pemicu terjadinya gigi berlubang. Hal ini terjadi karena gula bisa dirubah oleh bakteri menjadi asam yang merusak permukaan gigi dan selanjutnya gigi menjadi berlubang.

Bukan hanya makanan yang mengandung gula, makanan yang bersifat asam juga bisa mengganggu kesehatan gigi karena kandungan asam yang ada pada makanan bisa membuat gigi mengalami erosi dan mengakibatkan lapisan terluar gigi rusak, terkikis, atau hilang akibat paparan asam dari makanan tersebut. Selain makanan yang mengandung gula, minuman seperti soda yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan asam yang terkandung dalam minuman soda juga dapat merusak permukaan gigi.

Agar gigi sehat bisa kamu dapatkan, berikut adalah makanan yang menyehatkan gigi yang bisa kamu konsumsi sehari-hari.

1.  Buah dan Sayur
Buah dan sayur seperti apel, wortel dan seledri bisa menyehatkan tubuh dan gigi kamu. Karena ketika digigit ketiga makanan ini bisa memperbanyak air liur sehingga mulut terasa segar dan bersih. Saat ingin mengonsumsinya jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu buah dan sayur sebelum dikonsumsi.

2.  Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Kacang dan biji-bijian memiliki kandungan sumber protein nabati dan mengandung mikronutrien yang diperlukan gigi seperti fosfor, magnesium, kalium, seng, dan juga kalsium. Kalsium diperlukan untuk menguatkan tulang dan gigi.

3.  Teh
Teh hijau dipercaya memiliki kandungan zat senyawa kompleks yang disebut dengan catechin dan polyphenol. Zat ini berguna untuk melawan peradangan dan menghindarkan kamu dari infeksi bakteri. Selain itu, teh hijau sangat direkomendasikan oleh dokter gigi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Namun perlu diingat jangan terlalu banyak mengonsumsi teh, karena teh juga salah satu minuman yang bisa membuat warna gigi berubah kekuningan.

4.  Produk Susu
Pada produk susu seperti keju atau susu terdapat kandungan kalsium dan fosfat yang bisa membantu menjaga pH dalam mulut. Selain itu, kalsium yang terkandung di dalamnya juga bisa membuat gigi lebih kuat. Mengonsumsi produk susu setiap hari bisa membantu kamu memiliki gigi sehat.

Itu dia empat makanan yang menyehatkan gigi yang sebaiknya kamu konsumsi. Untuk menanyakan tentang kesehatan gigi dan makanan yang menyehatkan gigi lainnya, kamu bisa mendiskusikannya pada ribuan dokter ahli yang terpercaya di Halodoc melalui menu Contact Doctor. Selain itu, kamu bisa membeli keperluan obat maupun vitamin melalui menu Pharmacy Delivery yang bisa sampai dalam waktu 1 jam saja. Mudah sekali bukan? Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play sekarang juga di smartphone kamu.

BACA JUGA: 4 CARA AMPUH ATASI MASALAH GIGI BERLUBANG