07 May 2018

Minuman Penambah Tenaga Saat Berbuka

Minuman Penambah Tenaga Saat Berbuka

Halodoc, Jakarta – Tidak minum sama sekali selama 12 jam lebih saat berpuasa bukan cuma bisa bikin kamu kehausan, tapi tubuh pun juga jadi lemas karena kekurangan banyak cairan. Walaupun kamu sudah berusaha mencukupi kebutuhan cairan dengan minum 8 gelas air pada malam harinya, tetap saja kamu perlu menggantikan cairan yang hilang saat berpuasa. Nah, agar tubuhmu kembali bertenaga, berikut beberapa minuman yang direkomendasikan untuk kamu konsumsi saat berbuka puasa.

1. Air Putih

Tentu saja minuman terbaik untuk mengganti cairan yang hilang setelah berpuasa adalah air putih. Kandungan mineral dan oksigen pada air putih berfungsi mengoptimalkan kinerja tubuh dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air putih juga merupakan pilihan minuman yang aman karena beberapa jenis minuman lain memiliki rasa dan efek diuretik (membuatmu jadi sering buang air kecil) sehingga bisa mengganggu kesehatan.

(Baca juga: Tantangan 30 Hari Minum Air Putih, Apa Manfaatnya?)

2. Air Kelapa

Minum air kelapa saat berbuka puasa memang paling enak karena rasanya manis dan menyegarkan. Kandungan gula dalam air kelapa juga dapat mengembalikan kadar gula dalam darah dengan cepat, sehingga tenagamu pun akan langsung pulih kembali. Enggak hanya itu, air kelapa merupakan sumber elektrolit alami yang juga mengandung banyak nutrisi, yaitu vitamin, mineral (kalium, magnesium, natrium dan fosfor), asam amino, antioksidan dan ditonutrien. Jadi, meminum air kelapa saat berbuka puasa tidak hanya dapat mengembalikan cairan tubuh, tapi juga menyehatkan. Selain itu, air kelapa juga ampuh mengurangi rasa lapar, sehingga mencegahmu makan berlebihan saat berbuka.

3. Madu

Kalau kebanyakan orang biasanya mengonsumsi minuman isotonik setelah berolahraga, nah ternyata ada cara lain yang lebih sehat untuk memulihkan cairan tubuh, yaitu dengan minum madu. Richard Kreider, Ph.D, kepala riset kesehatan di University of Memphis telah membuktikan melalui penelitiannya bahwa madu mampu memberikan energi tambahan setelah berolahraga. Meminum 3 sendok madu dapat mengembalikan energi pada tubuh jauh lebih baik daripada minuman berenergi atau isotonik lainnya.

(Baca juga: Fakta di Balik Minuman Isotonik)

Karena itu, untuk menghilangkan dahaga setelah berpuasa, kamu disarankan untuk mengonsumsi madu. Caranya, kamu bisa membuat teh hangat dengan madu atau mencampur madu dengan air dan lemon agar lebih segar.

4. Teh Manis

Teh manis menjadi minuman favorit banyak orang untuk berbuka puasa. Tubuh yang lemas setelah berpuasa memang butuh asupan gula untuk memulihkan energi. Tapi, hindari menuangkan gula pasir dalam jumlah yang banyak saat membuat teh manis ya. Dalam tiap 200 cc (satu cangkir) air hangat, maksimal gunakan 1 sendok makan gula pasir. Mengonsumsi gula terlalu banyak justru akan membuat gula darah naik secara drastis. Akibatnya, tubuh merasa kaget kemudian malah menjadi lemas.

5. Jus Buah

Jenis buah-buahan yang memiliki kandungan air yang tinggi seperti semangka, melon, jeruk, stroberi dan belimbing juga mampu menghilangkan rasa hausmu setelah seharian berpuasa. Buah-buahan juga mengandung banyak vitamin, sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menjaga daya tahan tubuhmu selama berpuasa. Minumlah jus buah tanpa tambahan gula agar tubuh kembali segar dan bertenaga.

6. Susu

Minum susu saat berbuka puasa, kenapa tidak? Minuman yang satu ini enggak cuma punya rasa yang enak dan mengenyangkan, tapi juga kaya akan kalsium dan vitamin D, lho. Minum susu akan membantu memulihkan energimu yang hilang setelah berpuasa.

Tetap jaga kesehatan tubuhmu selama bulan puasa dengan mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi ya. Kamu juga bisa membeli suplemen yang kamu butuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh lewat aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.