• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Hubungan Intim Bisa Membakar Kalori dalam Tubuh

Mitos atau Fakta, Hubungan Intim Bisa Membakar Kalori dalam Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Hubungan intim bisa membakar kalori dalam tubuh. Namun, jumlah kalori yang dibakar saat berhubungan intim sangat bervariasi. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan di University of Montreal, wanita membakar sekitar 69 kalori untuk sesi 25 menit, sedangkan pria membakar sekitar 100 kalori.

Menurut para ahli, hubungan intim dapat membakar kalori dalam tubuh jika durasinya semakin lama. Bahkan, erangan dan desahan dapat meningkatkan proses pembakaran kalori. Begitu juga dengan berganti-ganti posisi saat berhubungan intim

Supaya Hubungan Intim Bisa Membakar Kalori

Supaya hubungan intim yang kamu lakukan bersama pasangan membakar kalori, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu:

Baca juga: Saat Orgasme Tubuh Jadi Mengalami Ini

1. Memperlama Durasi 

Jika ingin membakar kalori dalam tubuh, maka kamu dan pasangan perlu memperlama durasi. Semakin lama durasi hubungan intim dilakukan, maka semakin banyak juga kalori yang dibakar. 

2. Semakin “Panas” Semakin Bagus 

Semakin suasana hangat ataupun “panas” maka semakin banyak keringat yang kamu keluarkan demikian juga kalori yang dibakar. 

3. Coba Posisi yang Berbeda

Mencoba beberapa gaya dalam satu sesi hubungan intim tidak hanya bagus untuk variasi, tetapi juga baik untuk jumlah pembakaran kalori. 

Sejatinya selain membakar kalori, melakukan hubungan intim juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menjaga supaya jantung tetap sehat. Masak sih? Benar banget, soalnya menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Journal of Cardiology, pria yang melakukan hubungan seks setidaknya dua kali seminggu lebih kecil untuk terserang penyakit jantung, dibandingkan dengan pria yang hanya melakukan hubungan seksual sekali sebulan.

Menghilangkan stres dan tidur yang lebih baik juga adalah manfaat lain dari melakukan hubungan intim. Setelah orgasme, hormon yang disebut oksitosin dan prolaktin dilepaskan saat berhubungan intim. Baik oksitosin maupun prolaktin memiliki hubungan kuat dengan rasa kenyang, relaksasi, dan kantuk.

Baca juga: 7 Hal Ini Terjadi Pada Tubuh Saat Berhubungan Intim

Jika kamu mau otot dasar panggul lebih kuat, lakukanlah hubungan intim sesering mungkin. Otot dasar panggul menopang kandung kemih, usus, dan rahim. Ketika mereka berkontraksi, organ-organ ini diangkat dan mulai dari vagina, anus, dan uretra menjadi semakin terlatih dan kencang. 

Penguatan otot-otot dasar panggul juga mendukung kontrol atas fungsi tubuh, seperti buang air kecil. Kondisi ini juga dapat meningkatkan kemampuan untuk mencapai sensasi yang menyenangkan saat berhubungan intim.

Pria Lebih Banyak Membakar Kalori Ketika Berhubungan Intim

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti di Universitas Montreal, menunjukkan kalau laki-laki membakar kalori lebih banyak saat berhubungan intim dibanding wanita. Mengapa demikian? Pria cenderung memiliki massa otot lebih banyak ketimbang wanita, sehingga pengeluaran energinya akan lebih tinggi.

Sebenarnya ini juga berlaku ketika melakukan olahraga lain. Lari misalnya, wanita membakar rata-rata 213 kalori selama 30 menit lari ringan, sedangkan pria membakar 276 kalori. Satu sesi berhubungan intim biasanya berlangsung selama 25 menit dan ini sudah termasuk foreplay, di mana penetrasi umumnya hanya 6 menitan. 

Jumlah kalori yang terbakar selama berhubungan intim sangat bervariasi dari satu sesi ke sesi lainnya. Orang yang berada di posisi atas saat penetrasi membakar lebih banyak kalori ketimbang yang berada di bawah. 

Uniknya, melakukan hubungan intim dengan pasangan tidak sah justru dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Studi dalam European Heart Journal, menemukan bahwa 75 persen kematian mendadak akibat serangan jantung saat berhubungan intim melibatkan pasangan di luar nikah. 

Jika kamu punya pertanyaan seputar kesehatan reproduksi atau kamu dan pasangan pernah mengalami gangguan saat berhubungan intim seperti ereksi yang kurang maksimal, bisa ditanyakan ke aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How Many Calories Does Sex Burn?
Womansday. Diakses pada 2020. How Many Calories Does Sex Burn? We Found the Answer.
Time.com. Diakses pada 2020. You Asked: How Many Calories Does Sex Burn?