24 August 2018

Modern Pentathlon Ajang Olahraga Serba Bisa di Asian Games

Modern pentathlon, asian games, pentathlon

Halodoc, Jakarta – Di antara banyak cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games 2018, modern pentathlon termasuk jenis olahraga yang belum banyak diketahui masyarakat Indonesia. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menyebut lima gabungan cabang olahraga sekaligus, yaitu terdiri dari olahraga anggar, berenang, berkuda, lari, dan menembak.

Baca juga: 9 Olahraga Asian Games yang Bisa Ditiru di Rumah   

Modern pentathlon diciptakan oleh pendiri Olimpiade modern, yaitu Baron Pierre de Coubertin. Ini adalah pengembangan dari olahraga pentathlon zaman dulu yang terinspirasi dari kisah prajurit di awal abad ke-18. Pada masa itu, prajurit-prajurit di Swedia diberi perintah untuk per ke puncak jalan menggunakan kuda, berenang di sungai, menembak dan bertarung menggunakan pedang. Prajurit yang bisa melewati semua rintanganlah yang dianggap sebagai pemenang dan mendapat hadiah.

Lima Cabang Olahraga pada Modern Pentathlon

1. Anggar

Anggar adalah olahraga beladiri yang menggunakan pedang. Untuk melakukannya, dibutuhkan perlengkapan khusus seperti pelindung kepala, sarung tangan, pedang tumpul, dan baju berwarna putih. Olahraga ini biasanya dilakukan dalam ruangan tertutup berukuran 12 x 2 meter. Banyaknya gerakan tubuh yang dilakukan saat bermain anggar, olahraga ini bermanfaat untuk melatih ketangkasan, menguatkan otot-otot tubuh, mempertajam penglihatan, dan meningkatkan refleks tubuh. Dalam hal psikis, olahraga ini bisa melatih pemainnya untuk meningkatkan fokus, kewaspadaan diri, keberanian, dan kinerja otak dalam menyusun strategi penyerangan yang baik.

Baca juga: Demam Asian Games, Saatnya Coba Olahraga Anggar

2. Berenang

Saat berenang, kamu akan melakukan banyak gerakan agar tubuh tetap seimbang dan bergerak di dalam air. Itu mengapa olahraga ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. Antara lain membangun massa otot, membakar kalori, meningkatkan ketahanan sistem pernapasan dan kardiovaskular, serta membuat tubuh lebih rileks.

Baca juga: Seru Asian Games 2018, Ini Manfaat 4 Cabang Olahraga Akuatik

3. Berkuda

Berkuda merupakan istilah yang mengacu pada keterampilan menunggangi, mengendarai, melompat, hingga berlari menggunakan kuda. Untuk melakukannya, dibutuhkan keterampilan khusus agar kamu tidak terjatuh saat menunggangi dan mengendarai kuda. Dari segi kesehatan, olahraga ini bermanfaat untuk menguatkan otot-otot tubuh, mempertajam indera penglihatan, melatih kecepatan refleks tubuh, meningkatkan pergerakan tulang dan sendi tubuh, serta menyehatkan jantung.

4. Lari

Lari termasuk cabang olahraga populer yang banyak digemari masyarakat. Selain mudah dilakukan, olahraga ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah membantu mengendalikan berat badan, menurunkan risiko radang sendi (arthritis) pada lutut dan pinggul, merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut, mencegah osteoporosis, mengurangi risiko jantung koroner, dan memperbaiki suasana hati.

Baca juga: 5 Tips Agar Lari jadi Menyenangkan

5. Menembak

Menembak adalah olahraga yang melibatkan ketepatan dan kecepatan saat menggunakan berbagai jenis senjata, termasuk senapan angin maupun senjata api. Manfaat olahraga menembak bagi kesehatan adalah untuk meningkatkan stamina, melatih koordinasi tangan dan mata, menguatkan otot-otot tubuh (terutama otot tangan), mempertajam indera penglihatan, melatih kemampuan motorik (gerakan tubuh), serta meningkatkan fokus dan kewaspadaan diri.

Itulah fakta tentang olahraga pentathlon yang perlu diketahui. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat olahraga pentathlon, jangan ragu untuk bertanya pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!