28 May 2018

Mual Saat Mudik, Coba Atasi dengan Cara Ini

Mual Saat Mudik, Coba Atasi dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Semakin dekat waktu lebaran, kamu pasti sudah mempersiapkan segala keperluan yang kamu butuhkan untuk pulang kampung alias mudik, mulai dari pakaian, tiket transportasi, hingga oleh-oleh. Namun, kamu juga tidak boleh lupa membawa obat-obatan sebagai antisipasi kalau kamu mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan tentu bukan menjadi suatu hal yang menyenangkan. Perjalanan yang seharusnya menyenangkan dengan pemandangan di kanan-kiri jalan jadi tak lagi sedap dipandang. Perut selalu terasa mual dan ingin muntah menjadi teman setia kamu sepanjang perjalanan. Apalagi mudik selalu identik dengan kemacetan. Nah, untuk menguranginya, coba lakukan tips mengatasi mual saat mudik berikut ini:

Hindari Membaca di Perjalanan

Mengisi waktu perjalanan dengan membaca buku untuk mengurangi rasa bosan memang menjadi alternatif yang tepat. Meski begitu, sebaiknya kamu tidak melakukannya. Pasalnya, membaca buku di dalam kendaraan yang sedang berjalan justru akan membuat rasa mual dan ingin muntah menjadi lebih parah. Kalau kamu bosan, cobalah isi waktu dengan mendengarkan musik sembari memejamkan mata.

Pilih Posisi Duduk yang Tepat

Posisi duduk memegang peranan yang cukup penting untuk mengatasi mual dan ingin muntah, termasuk pula jenis transportasi yang kamu pilih. Kalau kamu bepergian dengan menggunakan kapal laut, kamu bisa mengambil posisi duduk di bagian tengah untuk meminimalisasi goyangan kapal ketika ombak laut sedang tinggi.

Sementara itu, apabila kamu memilih bus sebagai sarana transportasi, hindari memilih tempat duduk yang tepat di atas roda kendaraan. Pilihlah kursi di depan atau di dekat pengemudi. Alternatif lainnya, pilih kursi yang dekat dengan jendela supaya kamu bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan.

(Baca juga: 4 Cara Usir Mabuk Perjalanan Saat Traveling)

Jangan Lupa Sarapan

Sarapan menjadi hal yang tak boleh kamu lupakan sebelum berangkat mudik. Jangan sampai perut kamu kosong selama perjalanan, karena lambung akan memproduksi asam dalam jumlah berlebih yang justru akan memicu munculnya rasa mual dan ingin muntah. Meski begitu, kamu juga sebaiknya tidak makan berlebihan, karena perut yang terlalu penuh juga bisa merangsang munculnya rasa mual.

Bawa Makanan Ringan

Tips mengatasi mual saat mudik berikutnya adalah membawa camilan untuk bekal di perjalanan. Lamanya perjalanan pasti akan membuat kamu lapar dan haus. Meski begitu, jangan sembarang membeli camilan ya, pilih makanan yang rendah lemak atau minuman yang mengandung asam. Jangan lupa bawa permen dengan rasa mint atau jahe untuk meminimalkan rasa mual.

Pejamkan Mata

Tidur ternyata bisa membantu mengurangi rasa mual dan ingin muntah selama dalam perjalanan. Inilah mengapa banyak orang yang memilih tidur selama di dalam kendaraan, karena hanya duduk tanpa melakukan apa-apa bisa membuat rasa kantuk cepat datang. Kamu bisa membawa bantal leher untuk mengurangi risiko leher keseleo atau kaku saat tidur.

(Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik Lebaran)

Konsumsi Obat Antimual

Ingin bebas mual selama perjalanan panjang? Minum saja obat antimabuk. Cara ini terbukti efektif untuk menghilangkan mabuk perjalanan, karena tak lama setelah kamu mengonsumsinya, rasa kantuk akan langsung menyerang, sehingga kamu akan tertidur selama perjalanan. Namun, tetap waspada terhadap barang bawaan ya, karena tindak pencurian marak terjadi saat momen menjelang lebaran.

 

Itu tadi beberapa tips mengatasi mual saat mudik yang bisa kamu coba. Kalau kamu merasakan gejala yang tidak biasa pada tubuh selama perjalanan, segera tanyakan langsung pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Ini melakukan cek lab sesampainya di kampung halaman? Kamu bisa pakai layanan cek lab dari Halodoc. Yuk, download sekarang!