12 June 2018

Mudik? Lakukan Ini Agar Nyenyak Tidur di Perjalanan

Tidur di perjalanan, Mudik

Halodoc, Jakarta – Perjalanan panjang tentu melelahkan, apalagi jika lalu lintas padat hingga macet berjam-jam. Kondisi ini tak jarang membuat seseorang kesulitan untuk tidur di perjalanan. Alhasil, mudik bisa menjadi momen yang paling melelahkan dan membuat seseorang tidak enak badan. Nah, agar tidur nyenyak sepanjang perjalanan, berikut adalah beberapa tips tidur di perjalanan yang bisa kamu coba:

(Baca juga: Cukup Tidur Tanpa Terganggu Zona Waktu)

1. Hindari Makan dan Minum Berlebihan

Keinginan buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB) bisa saja mengganggu tidur kamu saat di perjalanan. Sebab saat di perjalanan, kamu mungkin akan kesulitan untuk mencari tempat untuk buang air, terlebih jika kamu mudik dengan kendaraan pribadi. Oleh sebab itu, kamu perlu menghindari makan dan minum berlebihan untuk meminimalkan keinginan BAK dan BAB selama di perjalanan.

2. Sediakan Bekal Perjalanan yang Cukup

Agar tidur kamu tidak terganggu dengan rasa haus dan lapar yang tiba-tiba muncul, kamu perlu menyediakan bekal perjalanan yang cukup. Mulai dari makanan, minuman, hingga obat khusus yang dibutuhkan. Sebab saat di perjalanan, kamu tidak bisa memprediksi posisi dan lamanya macet yang akan kamu hadapi. Jadi, saat rasa haus dan lapar muncul, kamu bisa langsung menyantap makanan dan minuman yang sudah kamu persiapkan. Begitu juga saat kamu mengalami keluhan kesehatan di perjalanan, kamu bisa langsung mengonsumsi obat  untuk meredakan keluhan yang dirasakan.

3. Pilih Tempat Duduk yang Nyaman

Jika mudik dengan kendaraan umum, kamu perlu memilih tempat duduk yang nyaman. Sebab, posisi dudukmu bisa memengaruhi kenyamanan tidur. Agar kamu tetap nyaman di perjalanan, kamu perlu menghindari deretan kursi yang berada dekat pintu. Ini karena di posisi tersebut, tingkat kebisingan cenderung lebih tinggi dibanding di deretan kursi yang lain. Kamu juga perlu menghindari area merokok atau toilet agar kamu tidak merasa terganggu dengan asap rokok atau bau toilet.

4. Siapkan Alat Bantu Tidur

Kamu bisa menyiapkan peralatan tambahan seperti bantal leher, penutup mata, hingga penutup telinga. Ketiga barang tersebut bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak. Misalnya, bantal leher untuk memosisikan kepala kamu saat tidur agar terhindar dari sakit leher, penutup mata untuk menghalau cahaya yang masuk ke mata, dan penutup telinga untuk mengurangi kebisingan yang bisa membangunkan kamu dari tidur.

5. Simpan Barang di Tempat Aman

Tidur dengan perasaan was-was tentu tidak enak. Jadi, kamu perlu memastikan agar barang-barang yang kamu bawa berada di tempat yang aman. Jika kamu mudik dengan kendaraan umum, masukkan semua barang ke dalam tas dan hindari meletakkan barang di saku celana, saku jaket, bawah jok, atau bangku sebelah walaupun kosong. Ini dilakukan untuk meminimalkan risiko kehilangan yang mungkin kamu alami saat di perjalanan. Agar lebih aman, kamu bisa tidur dengan memeluk tas yang berisi barang-barang berharga kamu.

(Baca juga: Tips Supaya Lebih Gampang Tidur)

Itulah lima tips tidur di perjalanan. Agar aktivitas mudik dan silaturahmi berlangsung lancar, kamu perlu menjaga kondisi kesehatanmu agar tetap fit. Kabar baiknya, kamu tetap bisa bicara pada dokter di momen mudik lebaran, lho. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Setelah itu, kamu bisa masuk ke fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga.