15 March 2018

Ngidam Saat Tidak Sedang Hamil? Ternyata Ini Artinya

Ngidam Saat Tidak Sedang Hamil? Ternyata Ini Artinya

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu tiba-tiba sangat ingin makan sesuatu? Misalnya, waktu sore hari, tiba-tiba saja kamu kepengin banget makan makanan manis.  Atau ada saatnya kamu kepengin banget makan makanan yang gurih dan pedas. Ternyata ngidam bukan hanya dialami oleh wanita hamil saja, tapi orang yang tidak hamil pun juga sering ngidam lho. Kok bisa? Ini penjelasannya.

Menurut beberapa ahli gizi, rasa ngidam pada suatu makanan adalah cara naluriah dari tubuh untuk memberitahumu akan adanya kebutuhan nutrisi yang kurang atau belum tercukupi. Ini arti ngidam yang kamu rasakan:

  1. Ngidam Makanan Manis

Kalau kamu tiba-tiba saja sangat ingin mengonsumsi beragam makanan manis, ternyata ini artinya tubuh kekurangan magnesium dan vitamin B. Saat tubuh kekurangan vitamin B, khususnya B6 dan B12, kamu akan merasa lesu dan tidak seceria seperti biasanya. Selain itu, ngidam makanan manis juga berarti tubuh ingin meningkatkan serotonin yang merupakan hormon pembangkit rasa bahagia dalam otak. Beberapa penelitian juga mengaitkan keinginan makanan manis dengan gejala PMS.

Enggak ada salahnya jika kamu ingin makan makanan manis, seperti cokelat, apalagi untuk meningkatkan mood saat sedang PMS. Tapi, jangan lupa juga ya untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu akan magnesium dengan mengonsumsi makanan seperti bayam dan kacang-kacangan.

  1. Ngidam Makanan Gurih

Pengin banget makan gorengan yang asin atau semangkuk bakso yang gurih? Ternyata ada tiga hal yang bisa menyebabkan rasa ngidam tersebut. Salah satunya mungkin karena kamu terbiasa menyantap makanan dengan kadar keasinan yang lebih tinggi daripada orang lain, atau dengan kata lain, kamu adalah seorang penggemar makanan asin. Ngidam makanan asin juga sering dirasakan oleh wanita yang sedang PMS. Ternyata hal itu disebabkan karena tubuh kekurangan mineral seperti kalsium.

Alasan lainnya kamu ngidam makanan asin juga bisa disebabkan karena ada masalah dengan kelenjar adrenal dalam tubuh yang bertugas melepas hormon untuk merespon stres. Kalau benar, rasa ngidam kamu disebabkan oleh alasan ini, maka mengonsumsi makanan asin bisa menyebabkan penambahan berat badan yang cukup signifikan.   

  1. Ngidam Makanan Pedas

Kalau kamu memang penggemar makanan pedas dan jadi ingin mengonsumsi makanan yang pedas melulu, hati-hati, bisa jadi kemampuanmu menahan rasa pedas sudah meningkat. Akibatnya, lidahmu jadi kurang sensitif terhadap hantaman rasa pedas dari cabai. Tapi jika kamu tidak terbiasa menyantap makanan pedas, lalu tiba-tiba ngidam makanan ini, bisa jadi tubuhmu sedang mengalami peradangan atau kekurangan zinc. Untuk mengatasinya, kamu dianjurkan memperbanyak konsumsi daging merah tanpa lemak, alpukat, seafood, dan sayuran dalam menu sehari-hari.   

  1. Ngidam Makan Daging

Sebagian orang memang tidak bisa "hidup" tanpa mengonsumsi daging. Tapi banyak juga orang yang sering merasakan ngidam makan daging. Hal ini ternyata merupakan sinyal darurat bahwa tubuh kekurangan kadar zat besi. Untuk memperbaiki kondisi ini, kamu dianjurkan untuk menyantap telur dan kacang-kacangan.

Itulah alasan kenapa kamu bisa tiba-tiba ngidam makan sesuatu. Kamu sebaiknya membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari agar tubuh tidak kekurangan nutrisi (Baca juga: Untuk Hidup Lebih Sehat, Ini 4 Nutrisi Penting untuk Wanita). Kalau kamu punya masalah kesehatan, bicarakan saja langsung dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Nah, untuk membeli suplemen dan vitamin yang kamu butuhkan, enggak perlu repot-repot ke apotek, pakai saja aplikasi Halodoc. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.