02 August 2018

Nostalgia Masa Kecil, Ini 4 Manfaat Lompat Tali

lompat tali,manfaat lompat tali

Halodoc, Jakarta – Bermain lompat tali bersama teman sepulang sekolah pernah menjadi satu hal yang populer di kalangan anak-anak. Kamu salah satu yang sering melakukannya?

Kalau masa kecil kamu diisi dengan permainan lompat tali, kenapa tidak kembali melakukannya lagi sekarang? Bagi anak-anak, permainan lompat tali mungkin hanya terlihat sebagai satu aktivitas menyenangkan yang dilakukan bersama teman. Namun ternyata, ada manfaat sehat di balik permainan ini, lho!

Bagi yang belum tahu, melakukan lompat tali atau olahraga skipping ternyata bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Artinya, rutin melakukan jenis olahraga ini dapat membantu menjaga kebugaran kardiovaskular.

Selain itu, lompat tali juga masuk dalam kelompok olahraga yang bisa melatih dan mengembangkan kekuatan otot secara maksimal. Tak hanya kekuatan dan fleksibilitas, keseimbangan fisik juga menjadi salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga lompat tali.

Melakukan olahraga lompat tali juga dapat membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah. Tak hanya itu, lompat tali juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melatih koordinasi, dan tentu saja membuat jantung serta pembuluh darah lebih sehat.

Baca juga: Ingin Berat Badan Cepat Turun? Coba Skipping

Lompat tali merupakan jenis olahraga yang cukup simpel dan tidak membutuhkan peralatan khusus. Tapi ternyata, manfaat lompat tali tidak kalah dibanding olahraga lain. Bahkan, jumlah kalori yang dibakar saat melakukan lompat tali disebut lebih banyak dibanding berlari selama beberapa menit. Kembali melakukan lompat tali bisa memberi 4 manfaat ini bagi tubuh:

1. Kaki yang Lebih Kuat

Merasa bagian kaki mulai tidak kencang dan berlemak lebih? Lompat tali saja! Nyatanya jenis latihan yang satu ini sangat ampuh untuk membentuk kaki yang kencang dan kuat. Sebab, saat melakukan lompat tali kaki akan menjadi bagian yang paling aktif dan banyak bergerak. Artinya, dalam olahraga ini hampir semua bagian kaki mulai dari betis, paha, hingga bokong akan dilatih.

2. Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang memiliki target penurunan berat badan, cobalah untuk memasukkan lompat tali ke dalam daftar olahraga rutin. Pasalnya, olahraga yang satu ini disebut lebih efektif dalam membantu membakar kalori dan membuat berat badan turun. Melakukan lompat tali, yang diselingi dengan lari, selama satu jam disebut dapat membakar delapan ratus hingga seribu kalori. Jumlah ini bahkan disebut lebih banyak dibanding pembakaran kalori dari olahraga sepakbola.

Baca juga: 3 Cara Terbaik untuk Hilangkan Perut Buncit dalam 2 Minggu

3. Perut yang Lebih Ramping

Meski simpel, nyatanya olahraga lompat tali bisa memberi cukup banyak manfaat. Selain kaki, rutin melakukan lompat tali juga akan memberi dampak pada lengan dan perut. Saat melompat, tangan akan aktif bergerak memutar tali, tentu saja hal itu juga masuk dalam latihan lengan. Tak hanya itu, otot perut juga akan terlatih untuk menjaga postur tetap tegak, sehingga perut rata juga bisa dicapai jika lompat tali dilakukan dengan benar.

4. Bermanfaat untuk Otak dan Sistem Saraf

Manfaat ini bisa didapatkan jika kamu melakukan variasi dalam lompat tali. Misalnya, gerakan cross atau menyilangkan kaki saat melakukan lompat tali. Gerakan ini cukup sulit dilakukan, tapi bisa memberi dampak yang baik karena membutuhkan koordinasi gerak, sehingga otot menjadi sangat terlatih.

Baca juga: 4 Olahraga Sehat Tanpa Harus ke Gym

Meski sangat bermanfaat, sebaiknya lompat tali dilakukan secukupnya saja alias jangan berlebihan. Selain olahraga, menjaga kesehatan tubuh juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Lebih mudah beli suplemen atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!