• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Nutrisi yang Diperlukan saat Alami Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Nutrisi yang Diperlukan saat Alami Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Kelenjar getah bening adalah salah satu bagian tubuh yang fungsinya termasuk vital pada tubuh, yaitu untuk menjaga sistem imun tubuh. Coba bayangkan jika bagian tersebut tidak bekerja dengan baik, segala penyebab penyakit dapat dengan mudah masuk ke tubuh. Meski begitu, tetap saja ada risiko yang dapat terjadi pada kelenjar getah bening dan yang paling umum adalah pembengkakan.

Namun, apakah pembengkakan pada kelenjar getah bening dapat menimbulkan dampak buruk pada tubuh? Kesimpulan tersebut ditarik karena saat gangguan terjadi, mungkin saja sistem imun tubuh menjadi lebih lemah. Selain itu, adakah nutrisi tertentu yang dapat dikonsumsi ketika seseorang mengalami penyakit tersebut? Berikut ulasan selengkapnya!

Baca juga: Ini Penyebab Kelenjar Getah Bening Membengkak

Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh saat Mengidap Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening umumnya terjadi disebabkan oleh infeksi dari bakteri atau virus. Kamu dapat mengidap gangguan tersebut karena timbulnya reaksi dari terlalu banyak sel imun yang dihasilkan oleh kelenjar getah bening untuk mengatasi infeksi tersebut. Dalam kasus yang jarang, kamu dapat mengidap gangguan ini disebabkan oleh kanker. Namun sebelum itu, apa sih kelenjar getah bening?

Kelenjar getah bening mempunyai peranan penting sebagai pertahanan tubuh untuk melawan infeksi. Bagian tubuh ini berguna sebagai penyaring untuk menjebak virus atau bakteri serta penyebab penyakit lainnya sebelum menimbulkan infeksi. Area yang lebih sering untuk mengalami pembengkakan kelenjar getah bening adalah leher, di bawah dagu, ketiak, hingga selangkangan.

Lalu, nutrisi apa saja yang dibutuhkan tubuh agar pembengkakan kelenjar getah bening lebih cepat teratasi? Berikut ini beberapa daftarnya:

1. Karbohidrat

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan saat kamu mengidap pembengkakan kelenjar getah bening adalah karbohidrat. Kandungan tersebut merupakan sumber energi tubuh dan juga menyediakan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Meski begitu, kamu tidak boleh terlalu berlebihan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang kaya akan karbohidrat, secukupnya saja agar tubuh kembali bugar dan dapat mengatasi pembengkakan tersebut.

Baca juga: Ini Tanda Kelenjar Getah Bening yang Berbahaya

2. Serat

Serat termasuk salah satu nutrisi yang dapat membuat pembengkakan kelenjar getah bening menjadi lebih baik. Beberapa makanan yang kaya akan nutrisi tersebut adalah sayur dan buah. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan serat tubuh per harinya sekitar 30 gram. Selain itu, kandungan pada sayuran hijau dapat menjaga jumlah cairan pada kelenjar getah bening yang membuatnya lebih cepat untuk kembali normal. Beberapa sayur yang direkomendasikan adalah brokoli, bayam, dan kangkung.

3. Lemak Sehat

Konsumsi lemak sehat atau lemak tak jenuh juga dapat dilakukan untuk menjaga sel-sel tubuh tetap bugar. Selain itu, lemak juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk mengatur sistem kardiovaskular. Beberapa makanan yang kaya akan nutrisi tersebut adalah ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, dan beberapa biji-bijian. Maka dari itu, pastikan kandungan tersebut selalu kamu penuhi.

Itulah beberapa nutrisi yang harus dipenuhi saat mengidap pembengkakan kelenjar getah bening. Dengan mengetahui semua hal tersebut, kamu dapat membuat gangguan yang terjadi sembuh lebih cepat. Dengan begitu, aktivitas yang ada dapat kembali menjadi normal tanpa adanya suatu halangan apa pun.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Atasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait nutrisi yang harus dipenuhi saat mengidap pembengkakan kelenjar getah bening, dokter dari Halodoc dapat menjawabnya dengan jitu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan terkait akses kesehatan!

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Swollen lymph nodes.
Lymphoma Action. Diakses pada 2020. Diet and nutrition.