27 June 2018

Nyatanya, Tidur Pakai Kaus Kaki Itu Menyehatkan

tidur menggunakan kaus kaki

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang sekarang ini selalu tidur di malam hari dengan menyalakan pendingin ruangan. Nah, agar tidak kedinginan dan bisa tidur dengan nyaman, sebagian orang mengenakan selimut untuk menutupi dirinya. Namun, ada juga sebagian orang yang sampai mengenakan kaus kaki saat tidur. Terkesan unik memang, karena biasanya orang mengenakan kaus kaki sebagai alas ketika menggunakan sepatu. Tujuan mereka mengenakan kaus kaki saat tidur adalah untuk menjaga kaki agar tetap hangat. Ternyata enggak cuma menghangatkan kaki saja, berikut manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan tidur menggunakan kaus kaki:

1. Membuatmu Lebih Cepat Tertidur

Sejak kamu terbangun di pagi hari, suhu tubuhmu akan mulai meningkat secara bertahap dan akan memuncak pada siang hari saat kamu dalam keadaan awas dan waspada. Kemudian, suhu tubuh akan kembali menurun menjelang malam.

Suhu tubuh berpengaruh terhadap jam biologis tubuh yang mengatur waktu tidur seseorang sehingga ia merasa mengantuk dan cepat tertidur. Nah, dikutip dari WebMD, sebuah organisasi Nation Sleep Foundation menemukan bahwa menghangatkan kaki dengan kaus kaki sebelum tidur dapat membuat suhu tubuhmu menurun, sehingga otak akan mengartikannya sebagai waktunya untuk tidur. Hasilnya, kamu pun akan tertidur lebih cepat.

2. Melindungi Kaki dari Jamur dan Infeksi

Tidur tanpa mengenakan kaus kaki akan membuatmu berisiko terkena paparan debu yang dapat memicu pertumbuhan jamur. Jamur-jamur yang tumbuh pada kulit kaki bisa menyebabkan terjadinya infeksi. Nah, dengan mengenakan kaus kaki saat tidur, kamu akan terhindar dari jamur dan infeksi.

Baca juga: Waspadai Jamur Kuku yang Bisa Merusak Penampilanmu

3. Membuat Tubuh Lebih Hangat

Angin dingin dari air conditioner bisa bikin tidurmu kurang nyenyak karena kedinginan. Walaupun sudah menggunakan selimut, namun kamu mungkin saja banyak bergerak saat tidur, sehingga harus kembali membetulkan selimut atau bolak-balik untuk buang air kecil. Nah, dengan mengenakan kaus kaki, kaki akan menjadi hangat dan nyaman. Ketika kaki hangat, secara tidak langsung seluruh tubuhmu akan ikut terasa hangat. Kamu pun bisa tidur nyenyak sepanjang malam.

4. Mencegah Kaki Berkeringat Secara Berlebihan

Kaki yang berkeringat terlalu banyak juga bisa bikin tidurmu kurang nyenyak di malam hari. Kondisi keringat berlebih pada kaki ini dikenal juga dengan sebutan hyperhidrosis. Kondisi ini tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan mengenakan kaus kaki secara rutin. Kaus kaki dapat menyerap keringat berlebih sehingga terasa lebih kering dan nyaman.

5. Mencegah Tumit Pecah-Pecah

Kamu disarankan untuk tidur menggunakan kaus kaki dalam cuaca yang dingin atau saat berada di kamar yang ber-AC. Hal ini karena udara dingin dapat menyebabkan tumitmu kering dan pecah-pecah. Nah, dengan menggunakan kaus kaki saat tidur, kakimu akan tetap hangat, lembap, halus, dan terhindar dari pecah-pecah.

6. Terhindar dari Hot Flashes

Kebanyakan wanita yang sudah menopause biasanya akan mengalami hot flashes atau wajah memerah. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon yang kerap naik turun yang berdampak pada suhu tubuh. Gejala yang akan dirasakan adalah seluruh tubuh terasa hangat, berkeringat, denyut jantung meningkat dan wajah memerah. Nah, salah satu cara untuk mencegah hot flashes terjadi adalah dengan tidur menggunakan kaus kaki, karena kaus kaki akan menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Baca juga: Tips Supaya Lebih Gampang Tidur

Nah, mulai sekarang cobalah untuk tidur menggunakan kaus kaki. Bila kamu mengalami masalah pada kaki seperti pecah-pecah, jamur atau kurap, beli saja obatnya di aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.