CATAPRES INJEKSI

CATAPRES INJEKSI

Kategori
:
Indikasi Umum
:
Krisis hipertensi.
Deskripsi
:
Diproduksi oleh Boehringer InGelheim, obat ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah stroke, serangan jantung, dan masalah ginjal. Obat ini bekerja pada otak dengan cara menurunkan tekanan darah berkat clonidin yang akan menurunkan tekanan pada pembuluh darah sehingga darah mengalir dengan mudah. Usahakan untuk tidak mengehentikan penggunannya tanpa petunjuk dokter sebab tekanan darah dapat naik secara tiba-tiba jika dihentikan. Resiko lebih besar jika clonidin digunakan dalam waktu yang lama atau dalam dosis tinggi. Sebaiknya minta saran dokter saat ingin menghentikan konsumsi, sebab dokter akan mengurangi dosis sedikit demi sedikit.
Dosis
:
Ampul : 0.2 mcg/kg berat badan/menit secara infus IV dengan kecepatan tidak lebih 0.5 mcg/kg berat badan/menit. Maksimal : 0.15 mcg/infus. Bila perlu dapat diberikan 4 kali/hari.
Aturan Pakai
:
Diberikan sebelum atau sesudah makan.
Efek Samping
:
-
Komposisi
:
Clonidine HCl 150 mcg
Kemasan
:
Ampul 0.15 mg/mL x 10 x 1
Segmentasi
:
Red
Perhatian
:
Penghentian obat secara tiba-tiba. Gangguan ritme dan konduksi sistem AV pada jantung, gagal ginjal, gangguan perfusi serebral atau perifer, depresi, polineuropati, konstipasi, gangguan dalam mengemudi atau mengoperasikan mesin.
Interaksi Obat
:
Meningkatkan efek antihipertensi dari diuretik, vasodilator, β-bloker. Dengan antidepresan trisiklik menurunkan TD. Dengan β-bloker dan atau glikosidajantung menyebabkan disaritmia dan penurunan frekuensi denyut jantung
Manufaktur
:
Boehringer InGelheim
Kontra Indikasi
:
Blok AV derajat 2 dan 3, sindroma sick-sinus.