SANPRIMA FORTE 10 KAPLET

SANPRIMA FORTE 10 KAPLET
Indikasi Umum
Infeksi saluran nafas,Gl,saluran kemih kelamin, kulit dan septikemia (keracunan darh oleh bakteri patogenik atau zat-zat yang dihasilkan oleh bakteri tersebut)
Deskripsi
Cotrimoxazole merupakan antibiotik kombinasi trimethoprim dan sulfamethoxazole. Kombinasi dua zat ini memiliki perbandingan trimethoprim dan sulfamethoxazole satu banding lima. Trimethoprim merupakan antibiotik yang bersifat bakterisida sedangkan sulfamethoxazole merupakan antibiotik yang bersifat bakteriostatik. Kombinasi kedua antibiotik ini akan bekerja menghambat enzim yang memetabolisme asam folat pada bakteri yang peka, sehingga dalam bentuk kombinasi, antibiotik ini akan bersifat bakterisida.
Kategori
Komposisi
Sulfamethoxazole 800 mg, trimethoprim 160 mg
Dosis
PENGGUNAAN OBAT INI HARUS SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER. Anak usia 6 - 12 tahun : 10 ml 2 kali sehari. Anak usia 6 bulan - 5 tahun : 5 ml 2 kali sehari. Anak usia 6 minggu - 5 bulan : 2,5 ml 2 kali sehari.
Aturan Pakai
Sebaiknya diberikan bersama makanan.
Kemasan
Strip Isi 10
Efek Samping
-
Kontra Indikasi
Gangguan fungsi hati dan ginjal yang berat, hipersensitif terhadap sulfonamid. Diskrasia darah. Hamil dan laktasi, bayi < 2 bulan. Profiria
Perhatian
HARUS DENGAN RESEP DOKTER. Penderita dengan defisiensi asam folat. Penderita dengan status gizi buruk. Penderita defisiensi enzim G6PD. Manula dan Penderita gangguan fungsi ginjal.
Interaksi Obat
Efek diturunkan dengan PABA (asam para amino benzoat) dan anestesi lokal prokain dan ditingkatkan dengan obat yang berkaitan kuat. Meningkatkan efek metotreksat, warfarin, sulfonamid
Segmentasi
Red
Manufaktur
Sanbe Farma