VASDALAT RETARD TABLET 5 MG

VASDALAT RETARD TABLET 5 MG

Kategori
:
Indikasi Umum
:
Pengobatan dan pencegahan angina pektoris, angina Prinzmetal, angina stabil kronis, angina tidak stabil. Terapi tambahan pada hipertensi.
Komposisi
:
Nifedipine 5 mg
Kemasan
:
Tablet 5 Mg X 5 X 10
Manufaktur
:
Kalbe Farma
Aturan Pakai
:
Dikonsumsi bersamaan dengan makanan atau tidak
Dosis
:
Angina pektoris : diawali dengan 10 mg 3 kali sehari atau 2 kali sehari 20 mg, yang dapat ditingkatkan menjadi 3 kali sehari 20 mg. Dosis besar : 3-4 kali sehari 20-30 mg. Maksimal : 180 mg/hari. Penyesuaian dosis biasanya diteruskan selama periode 7-14 hari. Pada pasien rawat inap dapat ditingkatkan menjadi 10 mg selama periode 4-6 hari tetapi dosis tunggal jarang melebihi 30 mg. Hipertensi : diawali dengan 10 mg 3 kali sehari atau 2 kali sehari 20 mg, yang dapat ditingkatkan menjadi 3 kali sehari 20 mg
Therapeutic Class
:
-
Segmentasi
:
Red
Efek Samping
:
-
Kontra Indikasi
:
Jangan menggunakan obat ini pada pasien yang mempunyai riwayat hipersensitif terhadap nifedipine atau obat-obat yang termasuk golongan calcium channel blockers lainnya. Pasien yang mengalami syok kardiogenis (sirkulasi darah yang tidak normal karena ventrikel jantung tidak berfungsi optimal), stenosis aorta (penyempitan pada saluran keluar ventrikel kiri jantung), atau menderita angina yang tidak stabil jangan menggunakan obat ini. Obat ini juga dikontraindikasikan untuk penderita tekanan darah rendah (< 90/60 mmHg), ibu menyusui dan wanita hamil. Jangan menggunakan obat ini bersamaan dengan obat-obat inducer kuat enzim CYP3A4.
Perhatian
:
Hipotensi, cadangan jantung yang buruk, stenosis aorta berat, disfungsi hati. Anak-anak.
Interaksi Obat
:
?-bloker, antihipertensi. Menghambat pelepasan insulin. Meningkatkan kadar plasma Digoksin. Bioavailabilitas oral dan kadar plasma ditingkatkan oleh Simetidin.