YEKASIX TABLET 40 MG

YEKASIX TABLET 40 MG

Kategori
:
Indikasi Umum
:
Obat lini pertama pada pengobatan edema yang disebabkan oleh gagal jantung kongestif, sirosis hati, dan penyakit ginjal, termasuk sindrom nefrotik. Sebagai terapi tambahan untuk edema serebral atau paru saat diuresis cepat diperlukan juga pengobatan hiperkalsemia. Juga untuk pengobatan hipertensi, baik tunggal maupun dikombinasikan dengan obat diuretik lain, seperti triamtene atau spironolactone.
Komposisi
:
Furosemide 40 mg
Kemasan
:
Tbalet 40 Mg X 10 X 10
Manufaktur
:
Yekatria Farma
Aturan Pakai
:
-
Dosis
:
Udem, dewasa. Awal : 20-80 mg dosis tunggal. Berikan pada pagi hari. Awal : 1-2 mg / kg BB dibagi dalam 1-2 x dosis sehari. Bila kurang memuaskan dapat diberikan lagi 1-2 mg /kg BB dalam interval 6-8 jam sesudah dosis awal. Hipertensi : dewasa : 80 mg dibagi dalam 2 x dosis sehari.
Therapeutic Class
:
-
Segmentasi
:
Red
Efek Samping
:
-
Kontra Indikasi
:
Jangan menggunakan yekasix (furosemide) untuk pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap yekasix (furosemide). Obat ini juga dikontraindikasikan untuk pasien dengan anuria.
Perhatian
:
Pasien yang mempunyai riwayat alergi terhadap obat-obat jenis sulfonamid harus memberitahukannya kepada dokter, karena ada kemungkinan alergi juga terhadap yekasix (furosemide) sehingga dikhawatirkan terjadi eksaserbasi atau aktivasi lupus eritematosus sistemik. Jika anda menderita sirosis hati, jangan menggunakan yekasix (furosemide) tanpa pengawasan dokter karena yekasix (furosemide) dapat menyebabkan perubahan tiba-tiba pada keseimbangan cairan dan elektrolit yang dapat memicu koma hepatik. Penggunaan obat diuretik termasuk yekasix (furosemide) bisa menyebabkan dehidrasi dan ganggguan elektrolit terutama pada pasien usia lanjut. Jika tanda-tanda seperti : mulut kering, haus, letih, lesu, mengantuk, gelisah, nyeri otot atau kram, detak jantung cepat dan tidak teratur atau gangguan pencernaan seperti mual dan muntah, konsultasikan dengan dokter anda. Suplemen kalium mungkin akan disarankan oleh dokter. Jangan menggunakan yekasix (furosemide) selama menyusui karena obat ini diketahui ikut keluar melalui air susu ibu (ASI). Pemberian yekasix (furosemide) pada bayi prematur atau anak di bawah 4 tahun, harus dipertimbangkan dengan sangat masak karena obat ini bisa menyebabkan nefrokalsinosis / nefrolitiasis. Jika obat ini harus diberikan fungsi ginjal harus dipantau dengan seksama. Sebaiknya jangan menggunakan yekasix (furosemide) jika anda menderita penyakit asam urat, penyakit ginjal, prostat, atau diabetes. Jangan mengkonsumsi yekasix (furosemide) terlalu malam karena obat ini menyebabkan anda akan sering buang air kecil sehingga mengganggu waktu tidur anda.
Interaksi Obat
:
NSAID, Lithium, antibiotik aminoglikosida , asam ethacrynic, salisilat, cephalosporin, ACE inhibitor, Sukralfat, Fenitoin dan Indometasin.