ZENDALAT 10 MG 10 TABLET

ZENDALAT 10 MG 10 TABLET

Kategori
:
Manfaat
:
-
Indikasi Umum
:
Pengobatan dan profilaksis insufisiensi koroner kronik, angina pektoris serta pada keadaan setelah infark jantung, dan sebagai obat pelengkap untuk hipertensi.
Komposisi
:
Nifedipine 10 mg
Kemasan
:
Tablet 10 Mg X 10 X 10
Manufaktur
:
Zenith Pharma
Aturan Pakai
:
Diperlukan tenggang waktu minimal 2 jam diantara dua dosis pemberian. Tablet salut selaput biasanya diminum sebelum makan dengan air. Jika diinginkan mula kerja obat yang sangat cepat, tablet salut selaput dapat dikunyah dan biarkan isinya menyebar di dalam mulut.
Dosis
:
Untuk hipertensi : 10 - 40 mg, 2x sehari atau 20-90 mg sekali sehari. Untuk angina pektoris : 10-40 mg, 2x sehari atau 30-90 mg sekali sehari. Atau sesuai dengan petunjuk dokter.
Therapeutic Class
:
-
Segmentasi
:
Red
Efek Samping
:
-
Kontra Indikasi
:
Penderita yang hipersensitif terhadap Nifedipin. Wanita hamil dan menyusui. Penderita hipotensi dan syok kardiogenik.
Perhatian
:
Hati-hati penggunaan Nifedipine pada pediatrik dan geriatrik, penderita gangguan fungsi ginjal. Hati-hati penggunaan Nifedipine pada penderita Diabetes mellitus karena dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Nifedipine harus dihentikan pada penderita yang mengalami iskemia setelah penggunaan.
Interaksi Obat
:
Penggunaan bersama dengan obat anti hipertensi lain dapat meningkatkan efek hipotensi dari nifedipine. Efek dari Nifedipine dapat menurun dengan adanya obat penginduksi enzim sitokrom P450 seperti carbamazepin, fenitoin, dan rifampicin atau penghambat enzim seperti cimetidin, erythromycin.