ZESTRIL 10 MG 14 TABLET

ZESTRIL 10 MG 14 TABLET

Kategori
:
Manfaat
:
-
Indikasi Umum
:
Hipertensi esensial dan Renovaskular, pasien2 yang sudah di terapi diuretik, Gagal Jantung Kongestif, Infark Miokard akut
Komposisi
:
Lisinopril dihydrate 10 mg
Kemasan
:
Tablet 10 Mg X 2 X 14
Manufaktur
:
AstraZeneca
Aturan Pakai
:
Diberikan sebelum atau sesudah makan.
Dosis
:
Untuk hipertensi esensial : awal 10 mg. Pemeliharaan : 20 mg dosis tunggal. Dosis dapat ditingkatkan bila tidak diperoleh respon yang diinngikan sesudah 2-4 minggu. Maksimal 80 mg/hari. Untuk pasien dalam terapi diuretik (bersihan kreatinin < 10 mL/menit) : 2.5 mg/hari yang disesuaikan tergantungan dari respon TD. 10-30 mL/menit : 2.5-5 mg/hari. 31-80 mL/menit : 5-10 mg/hari. Peningkatan dosis sampai dengan 40 mg/hari. Untuk hipertensi renovaskular : awal 2.5-5 mg, selanjutnya dosis dapat disesuaikan dengan keadaan TD. Untuk gagal jantung kongestif : awal 2.5 mg/hari. Pemeliharaan : 5-20 mg/hari. Untuk infark miokard akut : awal 5 mg diikuti dengan 5 mg sesudah 24 jam, 10 mg sesudah 48 jam, lalu 10 mg 1 kali/hari pada hari berikutnya.
Therapeutic Class
:
-
Segmentasi
:
Red
Efek Samping
:
-
Kontra Indikasi
:
Riwayat angioedema yang berhubungan dengan pemberian ACE inhibitor, angioedema idiopatik atau herediter. Hamil trimester 2 atau 3.
Perhatian
:
Hamil dan laktasi, gangguan fungsi ginjal, pasien dengan deplesi volume cairan, gagal jantung kongestif, hipertensi berat yang tergantung pada renin. Hipotensi dapat terjadi selama operasi atau anestesi. Pasien dengan penyakit jantung iskemik atau KV. Stenosis aorta atau kardiomiopati hipertrofi. Reaksi anafilaktoid pada yang menjalani hemodialisis, LDL afaresis, dan terapi desensitisasi, gagal hati, neutropenia,atau agranulositosis, batuk, hiperkalemia, diabees. Dapat mengganggu kemampuan mengemudi atau menjalankan kendaraan.
Interaksi Obat
:
Diuretik hemat K, suplemen atau garam yang mengandung K, indometasin, AINS, antihipertensi (seperti gliseril trinitrat, nitrat lain), vasodilator dapat menurunkan TD. Dapat mengurangi eliminasi litium. ACE inhibitor dapat meningkatkan efek hipoglikemik dari insulin dan obat antidiabetik oral. Antidepresan trisiklik, antipsikotik, anestesi. Simpatomimetik.