19 June 2018

Olahraga Air ini Bisa Bentuk Tubuh Ideal

olahraga air, tips bentuk tubuh ideal, jenis olahraga air

Halodoc, Jakarta – Jika kamu senang berlibur ke pantai, tidak ada salahnya kamu melakukan olahraga air sambil liburan. Karena selain menyenangkan, olahraga air juga bermanfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah menjaga kebugaran tubuh, menguatkan struktur tulang, mengurangi stres, mencegah terjadinya penyakit kronis, hingga membentuk tubuh ideal.

Baca juga: 4 Gerakan Olahraga untuk Bentuk Tubuh Ideal dalam Sekejap

Berikut adalah jenis olahraga air yang bisa kamu lakukan untuk membentuk tubuh ideal:

 

  • Renang

 

Renang dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk membentuk tubuh. Ini karena saat melakukannya, hampir seluruh bagian tubuh bergerak termasuk tangan, pinggul, paha, dan kaki. Gerakan tubuh itulah yang bisa melatih otot-otot tubuh dan membentuk tubuh ideal. Jika kamu berencana untuk membentuk tubuh dengan berenang, pastikan kamu melakukannya secara rutin, setidaknya 3-4 kali hari dalam seminggu. Lakukan dengan intensitas sedang sebanyak 2-3 sesi, di mana masing-masing sesi bisa dilakukan selama 30 menit.

Baca juga: Tips Agar Berenang Efektif Turunkan Berat Badan

 

  • Berselancar (Surfing)

 

Surfing merupakan olahraga air yang bisa dijadikan sebagai latihan kardiovaskular. Ini karena saat melakukannya, hampir seluruh bagian otot tubuh bekerja, mulai dari otot tubuh bagian atas sampai otot-otot kaki. Sehingga, surfing tidak hanya memicu adrenalin dan membakar kalori, melainkan juga bisa membantu membentuk tubuh ideal. Jadi, kamu tidak perlu heran jika kebanyakan surfer memiliki tubuh atletis dan ideal.

 

  • Menyelam (Scuba Diving)

 

Saat kamu menyelam, seluruh otot tubuh akan melawan arus air yang berat. Itu mengapa para pakar kebugaran menganggap bahwa menyelam tergolong aktivitas yang cukup berat. Sebab saat melakukannya, kamu diharuskan untuk memakai pakaian khusus, membawa tabung oksigen, dan menggerakkan seluruh otot tubuh. Manfaat olahraga ini antara lain untuk membakar kalori, melatih pernapasan, menghilangkan stres, hingga membentuk tubuh.

 

  • Mendayung

 

Melakukan olahraga dayung, seperti kano dan kayak, sangat baik untuk mengencangkan lengan dan melatih otot bagian atas. Saat mendayung, kamu juga akan melatih kekuatan genggaman tangan, melatih motorik halus dan kasar, serta membakar lemak tubuh bagian atas. Sehingga, olahraga ini bisa dilakukan untuk membakar lemak dan membantu menurunkan berat badan.

Sudah menentukan olahraga air apa yang ingin kamu lakukan? Jika sudah, kamu bisa mengajak kerabat atau teman kamu untuk ikut berolahraga bersama. Namun, sebelum melakukan olahraga air, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dilakukan. Antara lain:

  • Sesuaikan pakaian dengan jenis olahraga yang ingin dilakukan. Misalnya, apakah kamu cukup menggunakan bikini atau pakaian selam (wetsuit). Sebisa mungkin, pilih pakaian selam berbahan elastis, lebih hangat, dan ringan agar memudahkan gerakanmu di dalam air.
  • Pastikan kamu sudah mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama melakukan olahraga air. Ini dilakukan untuk meminimalkan risiko cedera atau kran di dalam air. Perhatikan apa yang disampaikan oleh pemandu (jika ada), dan pastikan kamu sudah menggunakan alat pelindung diri (jika ada) saat berolahraga.
  • Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit. Pilihlah tabir surya dengan SPF (Sun Protector Factor) minilam 30 dan gunakan secara merata setiap 2 jam sekali.

Itulah empat jenis olahraga air untuk membentuk tubuh ideal. Kalau kamu masih punya pertanyaan lain seputar olahraga air, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui Halodoc, kamu bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!