• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Olahraga Catur Bisa Membakar Kalori?

Olahraga Catur Bisa Membakar Kalori?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Catur bukan hanya olahraga biasa yang menggunakan tenaga, tetapi juga otak. Namun, apakah benar olahraga catur bisa membakar kalori? Robert Sapolsky, profesor neurologist dari Standford University, mengatakan para grandmaster catur membakar 6000-7000 kalori dalam satu kali kompetisi. Olahraga catur pada faktanya membuat seseorang berpikir keras, bahkan sampai bisa stres karena aktivitasnya setara dengan mengeluarkan energi.

Jika kamu selama ini berpikir olahraga catur hanya duduk diam saja, itu sama sekali tidak benar. Butuh ketahanan fisik yang kuat dan energi untuk bisa duduk bertahan selama berjam-jam dengan tetap fokus, merancang strategi, dan memecahkan teknik permainan lawan. Tak jarang pemain kehilangan berat badannya saat menjalani turnamen. (Baca juga: 6 Alasan Naik Gunung itu Menyehatkan)

Selain membakar kalori, ternyata ada beberapa manfaat olahraga catur yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Meningkatkan IQ

Salah satu manfaat olahraga catur yang paling bermanfaat adalah meningkatkan IQ. Terbukti anak-anak yang rutin bermain catur selama empat bulan mengalami peningkatan kecerdasan intelektual yang dibuktikan dengan kenaikan skor IQ-nya.

  1. Membantu Mencegah Alzheimer

Penelitian dari The New England Journal of Medicine menunjukkan orang-orang yang terlibat dalam aktivitas peregangan otot seperti catur dapat meminimalisir terkena penyakit demensia. Pasalnya, lewat olahraga catur kamu dapat melatih jaringan otot yang selama ini tidak pernah digunakan lewat aktivitas biasa. Makanya, sangat disarankan untuk kamu melakukan olahraga catur sebelum usia menginjak 75 tahun.

  1. Melatih Kedua Sisi Otak

Manfaat olahraga catur lainnya adalah melatih kedua sisi otak secara seimbang dan memaksimalkan fungsi masing-masing sisi otak. Para peneliti menemukan bahwa sistem kerja otak para olahragawan lebih baik dan bisa memetakan persoalan secara strategis serta terperinci ketimbang yang tidak pernah bermain catur sama sekali.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Mereka yang melakukan olahraga catur secara rutin dapat meningkatkan kreativitas secara signifikan. Ini terjadi karena olahraga catur dapat melatih otak kanan secara maksimal dan merangsang saraf-saraf otak untuk berpikir out of the box, serta memecahkan masalah lebih cepat, tuntas, dan spontan.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat olahraga catur lainnya adalah dapat meningkatkan daya ingat. Penjelasannya adalah ketika bermain catur kamu dirangsang untuk mengingat langkah dan strategi dari lawan-lawan sebelumnya untuk dimodifikasi sebagai strategi pada lawan di masa sekarang. Sebuah penelitian yang dilakukan di Pennsylvania, Amerika Serikat, pada anak-anak sekolah dasar ditemukan bahwa mereka yang belum pernah bermain catur lalu kemudian bermain catur, mengalami peningkatan memori dan kemampuan verbal.

  1. Meningkatkan Keterampilan Memecahkan Masalah

Pertandingan catur diibaratkan sebagai teka-teki besar yang perlu dipecahkan secara cermat dan cepat. Lawan akan beberapa kali mengganti strategi dan kamu harus beradaptasi dengan permainan lawan untuk mengembangkan strategi berbeda guna menangkis serangan lawan. Seni pertandingan catur secara tidak langsung akan meningkatkan keterampilanmu dalam memecahkan masalah sekaligus memutuskan sesuatu dengan cepat, tepat, dan sesuai kebutuhan.

Ingin tahu lebih banyak manfaat olahraga catur, kamu bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa meminta saran atau informasi seputar olahraga yang dapat membakar kalori sekaligus mengasah otak lainnya. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.