16 August 2018

Olahraga Kekinian untuk Asian Games, Coba Skuas

Skuas, asian games, manfaat skuas, olahraga skuas

Halodoc, Jakarta – Sejak tahun 1998, skuas tidak pernah absen untuk diikutsertakan dalam kompetisi Asian Games. Itu mengapa olahraga ini juga ikut dipertandingkan bersama 40 cabang olahraga lain pada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang nanti.

Baca juga: 9 Olahraga Asian Games yang Bisa Ditiru di Rumah

Skuas adalah olahraga yang dimainkan oleh 2 atau 4 orang (ganda) menggunakan raket. Ini adalah jenis olahraga yang membutuhkan gerakan cepat, sehingga bisa menjadi olahraga kardio. Lantas, apa saja sih manfaat olahraga skuas yang perlu diketahui? Ini jawabannya.

Manfaat Skuas untuk Kesehatan

Banyaknya gerakan tubuh yang dilakukan saat bermain skuas membuat olahraga ini bermanfaat untuk kesehatan. Antara lain:

1. Melatih Koordinasi Tangan dan Mata

Pada saat bermain skuas, bola akan dipukul dan dipantulkan dari dinding. Itu mengapa olahraga ini membutuhkan ketangkasan dan kejelian mata dalam melihat arah bola yang akan datang. Sehingga saat kamu rutin bermain skuas, olahraga ini bisa melatih kekuatan dan koordinasi mata dan tangan.

2. Melatih Kekuatan, Keseimbangan, dan Fleksibilitas Otot

Ada banyak gerakan tubuh yang dilakukan saat bermain skuas, terutama saat memukul bola dari dinding. Itu mengapa gerakan-gerakan ini bisa memberikan latihan yang cukup untuk tendon, ligamen, otot, dan persendian di lengan. Sehingga olahraga ini bisa melatih keseimbangan tubuh, fleksibilitas otot, dan kekuatan otot (terutama otot lengan).

3. Membantu Mengendalikan Berat Badan

Ini karena berolahraga (termasuk skuas) bisa mengurangi lemak tubuh, serta membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme. Studi menyebutkan bahwa olahraga ini bermain skuas selama 30 menit bisa membakar kalori tubuh hingga mencapai 270 kalori. Manfaat ini bisa didapat jika kamu mengombinasikan olahraga dengan pola makan yang sehat. Dengan begitu, bermain skuas dan pola makan sehat bisa membantu menurunkan risiko kelebihan berat badan (overweight) dan obesitas.

4. Menyehatkan Jantung

Berolahraga (termasuk skuas) bisa memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL), menurunkan kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Itu mengapa skuas bisa menyehatkan jantung, termasuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (seperti stroke, hipertensi, dan diabetes).

Baca juga: Bisa Dicoba, 5 Olahraga untuk Kesehatan Jantung

5. Mengurangi Stres

Ini karena aktivitas fisik seperti berolahraga bisa merangsang produksi endorfin, yaitu hormon yang bisa menciptakan perasaan senang dan bahagia. Olahraga juga bisa menurunkan produksi kortisol, yaitu hormon yang memicu stres dan kecemasan.

Baca juga: 5 Olahraga yang Efektif Redakan Stres

6. Memperbaiki Kondisi Psikologis

Selain manfaat kesehatan, skuas juga baik untuk memperbaiki kondisi psikologis, termasuk meningkatkan rasa percaya diri dan melatih pengendalian diri (self-esteem). Selain itu, skuas juga bisa meningkatkan kemampuan sosial, sehingga bisa memperbaiki kemampuan kamu dalam berinteraksi sosial dengan orang lain.

Ada banyak gerakan yang akan kamu lakukan saat bermain skuas. Itu mengapa penting bagi kamu untuk melakukan pemanasan sebelum bermain dan pendinginan setelah bermain. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan tubuh sebelum beraktivitas fisik dan mencegah terjadinya cedera.

Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat skuas, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!