• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Olahraga yang Aman untuk Pengidap Carpal Tunnel Syndrome

Olahraga yang Aman untuk Pengidap Carpal Tunnel Syndrome

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Olahraga yang Aman untuk Pengidap Carpal Tunnel Syndrome

“Carpal tunnel syndrome atau disebut juga kompresi saraf median adalah suatu kondisi yang menyebabkan mati rasa, kesemutan, atau kelemahan pada tangan. Olahraga ataupun latihan yang tepat dapat membantu meringankan kondisi carpal tunnel syndrome. Menggenggam jari-jari menyentuhkan jari-jari tangan secara bergantian ke jempol tangan adalah sebagian latihan yang direkomendasikan.”

Halodoc, Jakarta –  Carpal tunnel syndrome atau disebut juga kompresi saraf median adalah suatu kondisi yang menyebabkan mati rasa, kesemutan, atau kelemahan pada tangan. Gangguan kesehatan ini terjadi karena adanya tekanan pada saraf median yang membentang sepanjang lengan melewati bagian di pergelangan tangan yang disebut terowongan karpal.

Saraf median mengontrol gerakan dan sensasi ibu jari serta gerakan semua jari kecuali kelingking. Gejala yang dirasakan ketika mengidap carpal tunnel syndrome adalah sensasi terbakar, kesemutan, atau gatal pada telapak tangan, ibu jari atau telunjuk dan jari tengah.

Baca juga: 4 Gejala Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Mengepalkan Jari-Jari dan Mengangkat Beban Ringan

Sebelum mengetahui olahraga yang aman untuk pengidap carpal tunnel syndrome, ada baiknya kamu tahu dulu penyebab kondisi ini. Gerakan berulang, seperti mengetik, atau gerakan pergelangan tangan apa pun yang dilakukan berulang-ulang bisa memicu gangguan ini.

Terutama bila kamu kerap melakukan aktivitas yang menempatkan tangan lebih rendah dari pergelangan tangan. Hipotiroidisme, obesitas, rheumatoid arthritis, diabetes, dan kehamilan juga bisa memicu kondisi ini.

Baca juga Apa Perawatan yang Diberikan oleh Dokter untuk Menangani Sindrom Carpal Tunnel?

Olahraga ataupun latihan yang tepat dapat membantu meringankan kondisi carpal tunnel syndrome. Tentunya ini dapat membantu bila dilakukan bersamaan dengan perawatan lain seperti menggunakan penyangga tangan dan menyesuaikan aktivitas guna mengurangi ketegangan pada tangan dan pergelangan tangan.

Lantas, apa olahraga yang aman untuk pengidap sindrom ini?

1. Menggoyang-Goyangkan Tangan

Latihan ini sangat mudah dilakukan dan bermanfaat, terutama bila gejala memburuk. Jika kamu merasakan sensasi sakit atau mati rasa, coba goyangkan tangan untuk meredakannya.

2. Mengepalkan Tangan

Kemudian latihan lain yang bisa dilakukan untuk pengidap carpal tunnel syndrome adalah latihan mengepal dan merenggangkan tangan. Kamu bisa melakukannya dengan cara mengangkat tangan kemudian mengepalkan jari-jari, diamkan beberapa saat, lalu renggangkan. Lakukan 5-10 kali semampunya.

3. Latihan Menyentuhkan Jari-Jari ke Jempol Tangan

Rentangkan jari-jari tangan lalu satu per satu, sentuhkan ujung setiap jari ke ujung ibu jari sehingga membentuk huruf O dan ulangi beberapa kali.

Baca juga: Karyawan Rentan Alami Sindrom Carpal Tunnel, Perhatikan Gejalanya

4. Peregangan Pergelangan

Duduk di kursi menghadap meja, tempatkan tangan di atas meja dengan telapak tangan menghadap ke atas. Tekuk tangan ke arah sehingga jari-jari mengarah ke langit-langit lalu tahan selama 5 detik. Kembali ke posisi lurus dan netral dan ulang beberapa kali.

5. Meremas Bola Karet

Meremas bola karet bisa jadi alternatif latihan untuk pengidap carpal tunnel syndrome. Genggam bola karet dan remas lalu tahan selama 5 detik. Ulangi sampai beberapa kali dan lakukan sesering mungkin.

6. Mengangkat Beban

Latihan lain yang bisa digunakan untuk mengurangi gejala carpal tunnel syndrome adalah latihan beban. Angkat benda seberat 0,5 kg pada posisi duduk atau berdiri. Lengan bawah sejajarkan dengan lantai.

Mulailah dengan pergelangan tangan lurus dan netral, telapak tangan dengan beban menghadap ke bawah. Tekuk pergelangan tangan ke atas lalu kembali ke posisi lurus dan netral. Lakukan beberapa kali pengulangan.

Itulah olahraga ataupun latihan yang aman untuk pengidap carpal tunnel syndrome. Kalau kamu punya masalah kesehatan lain atau ingin tahu lebih banyak mengenai carpal tunnel syndrome, informasinya bisa ditanyakan langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc! Yuk, download sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. What Exercises Help for Carpal Tunnel Syndrome?
WebMD. Diakses pada 2021. Carpal Tunnel Syndrome.