24 May 2018

Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Menunggu Buka Puasa

Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Menunggu Buka Puasa

Halodoc, Jakarta – Aktif bergerak dan berolahraga adalah salah satu kunci untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama puasa. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan olahraga saat berpuasa. Mulai dari kapan waktunya, hingga jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan dan dihindari.

(Baca juga: Sehat Berpuasa dengan Rutin Olahraga)

Salah satu waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa adalah sore hari, tak lama sebelum waktu berbuka puasa. Bukan tanpa alasan, pemilihan waktu ini bertujuan untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan terlalu lama setelah berolahraga. Selain membuat sehat, berolahraga di sore hari juga bisa dimanfaatkan sebagai pengisi waktu sambil menunggu buka puasa. Lantas olahraga apa saja yang bisa dilakukan?

 

  • Jalan santai

 

Salah satu jenis olahraga yang cocok dilakukan adalah jalan santai. Sebab saat berpuasa, dianjurkan untuk menghindari olahraga berat yang dapat membuat tubuh lebih cepat berkeringat sehingga berujung dengan dehidrasi. Kegiatan ini cocok dilakukan pada sore hari menjelang berbuka puasa, sehingga tubuh terhindar dari paparan terik matahari.

Melakukan jalan santai dapat membantu menjaga kesehatan jantung, bagian otot, dan tulang. Rutin berjalan kaki 10 ribu langkah per hari dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

 

  • Yoga

 

Yoga bisa menjadi pilihan olahraga yang tidak banyak menguras energi. Gerakan yang tidak terlalu memicu keringat dalam yoga sangat cocok untuk dilakukan saat sedang berpuasa. Meski demikian, olahraga ini tetap akan memberi dampak pembakaran kalori yang cukup menjanjikan. Lakukan yoga secara rutin pada sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa.

(Baca juga: Planking, Olahraga Ringan yang Menyehatkan Saat Puasa)

 

  • Berbelanja

 

Agar tidak bosan, coba lakukan variasi jenis olahraga yang dilakukan saat puasa. Sesekali, kamu bisa memanfaatkan aktivitas harian yang menyenangkan sebagai ajang mengolah tubuh. Salah satunya adalah berbelanja.

Sudah bukan lagi sebuah rahasia bahwa berbelanja bisa membantu seseorang menjadi lebih sehat, terutama wanita. Selain dapat melepaskan hormon bahagia karena “cuci mata”, berbelanja juga melibatkan banyak organ tubuh, Yaitu kaki untuk berjalan mengelilingi pusat perbelanjaan, mata, hingga otak untuk menghitung diskon-diskon yang ditawarkan.

Menyenangkan bukan? Kegiatan ini sangat cocok untuk dijadikan pengisi waktu menjelang berbuka puasa apalagi kalau kamu memang punya rencana buka puasa di luar.

 

  • Berkebun

 

Selain berbelanja, mengurus taman di belakang rumah juga bisa dijadikan kegitana sambil menunggu berbuka puasa. Tidak hanya bermanfaat untuk keindahan, ternyata kegiatan ini juga akan merangsang tubuh beraktivitas.

Cobalah untuk menanam bunga, merapikan tanaman dan rumput, atau sekadar menyapu daun-daun yang gugur. Lakukan kegiatan ini di sore hari untuk menghindari rasa lemas yang berlebih dan mengalihkan rasa lapar dan haus.

 

  • Memasak

 

Sambil menunggu berbuka puasa, kamu juga bisa mencoba mengisi waktu dengan memasak hidangan untuk disantap bersama keluarga. Proses menyiapkan makanan terbukti juga bisa menjadi ajang untuk berolahraga, meski ringan.

Mulai dari berbelanja bahan masakan, menyiapkan, hingga memasaknya. Selain bermanfaat untuk mengolah tubuh, memasak makanan favorit keluarga juga bisa menambah kehangatan dan rasa kebersamaan. Tak hanya sehat, kamu dan keluarga tentunya akan menjadi lebih bahagia dan bersemangat dalam menjalankan puasa.

Selain berolahraga, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan vitamin tambahan agar tubuh tetap bugar. Lebih mudah beli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!